KANDAGA.ID – Mengusung tema “Raih Cita-cita Prestasi Sebagai Generasi Penerus Bangsa Yang Cerdas dan Berakhlak Mulia”, mengiringi sebanyak 112 murid kelas VI angkatan ke-30 SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas untuk menuju jenjang selanjutnya.

Diawali dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an, serta lantunan sholawat oleh murid kelas I (Juara I Gebyar Ramadan 2024). Pelepasan dan Perpisahan siswa kelas VI tahun ajaran 2023-2024 ini berlangsung di Sabda Alam, Jl. Raya Cipanas No. 3, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Ahad (30/6/2024).

Foto bersama guru kelas masing-masing (Kelas VI-A, Kelas VI-B, dan Kelas VI-C).

Acara ini murni keinginan orang tua wali murid kelas VI, dan H. Ade Saefudin, S.Ag. selaku Ketua komite mengundang kepala sekolah beserta semua guru-gurunya, pengawas pembina, Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd., dan Kepala Desa Tarogong, Endang Sholih, serta undangan lainnya.

Ketua pelaksana, Santi Herawati didampingi salah satu anggotanya, Tuti Nurhasanah mengatakan, perayaan kelulusan baru kali pertama dilaksanakan di luar sekolah, dan itu murni keinginan orang tua wali murid kelas VI.

Ketua pelaksana, Santi Herawati didampingi salah satu anggotanya, Tuti Nurhasanah.

“Saya ditunjuk oleh mereka untuk jadi ketua pelaksana, semoga dengan suasana baru ini membawa dampak positif bagi semua kedepannya,” harapnya.

Ia menambahkan, segala sesuatunya dikelola oleh orang tua wali murid, mulai dari tempat, dekorasi, dan hal lainnya.

Sementara, Sadiah, S.Pd., selaku Kepala SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas berpesan kepada semua lulusnya untuk tetap semangat dalam mengejar cita-cita, dan terus berkarya di jenjang selanjutnya.

Kepala Desa Tarogong, Endang Sholih, Ketua komite, H. Ade Saefudin, S.Ag., Kepala SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas, Sadiah, S.Pd., dan Pengawas Pembina, Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd.

Selian itu, ia meminta untuk tidak melupakan almamater dan tidak melupakan guru-gurunya, serta menjaga nama baik keluarga, sekolah, dengan cara menjadi pribadi yang berkarakter/berakhlak baik di jenjang berikutnya.

“Terima kasihnya kepada seluruh orang tua murid atas kepercayaan putra-putrinya untuk menimba ilmu di SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas, bersama-sama dalam proses pembelajaran, semoga ilmu yang didapatkannya ada keberkahan,” ujarnya.

Pihaknya memohon maaf apabila selama enam tahun dalam kebersamaan ini, ada kekurangan dalam pelayanan atau hal lain yang kurang berkenan, Insyaallah segala masukan jadi motivasi untuk terus mengembangkan diri, agar sekolah menjadi lebih berkualitas dan unggulan di lingkungan Kecamatan Tarogong Kidul.

Ketua pelaksana, Santi Herawati memberikan cinderamata kepada Sadiah, S.Pd., selaku Kepala SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas.

Pihaknya mendoakan semoga lulusan ke-30 ini menjadi generasi berakhlak mulia, berprestasi, dan menjadi orang-orang sukses, serta membanggakan orang tua, juga kebermanfaatan bagi bangsa, negara dan agamanya.

Dalam kesempatan ini, ia juga menyampaikan apresiasi kepada komite sekolah, para orang tua wali siswa dan seluruh guru-gurunya, sudah berkontribusi atas kerjasamanya dalam mendidik, membimbing para murid dengan penuh dedikasi.

Perayaan dimeriahkan dengan penampilan-penampilan murid dan guru-guru, SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas, serta diisi dengan prosesi upacara adat sungkem sebagai tanda hormat pada kepala sekolah, pengawas pembina, dan tiga guru kelas VI. ***Jajang Sukmana