Kandaga.id- Bertempat di Aula Gedung SMKN 1 Garut, Jawa Barat, Anggota DPRRI, Ferdiansyah dari Fraksi Partai Golkar, lakukan dengar pendapat masyarakat soal Pancasila.

” Sebenarnya ini acara dari MPR, kan di MPR itu ada badan pengkajian. Badan pengkajian ini ingin mendapatkan apa sih sesungguhnya yang perlu   dimasukan tetkait tema hari ini, Pancasila sebagai sumber hukum,” Ungkap Ferdiansyah, ditemui akhir acara dengar pendapat masyarakat ini, Sabtu (21/11/2020).

Menurutnya, kalau masyarakat mengerti dan memahami, serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, dari sila pertama sampai sila ke 5, itu akan memperlancar kehidupan berbangsa dan bernegara.

” Artinya, ke depan kalau (Pancasila) ini sudah bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bisa saja terjadi disinplikasi pertauran perundang undangan. Yaitu bisa saja peraturan perundang undangan yag ada semakin berkurang, karena sudah banyak orang paham mengenai ini,” Katanya.

Dengan demikian, lanjut Ferdiansyah, untuk peraturan yang sudah dipahami secara utuh dan sudah mafhum, tidak perlu  dibuat peraturan lagi.

Disebutkannya, pemahaman masyarakat Garut terhadap Pancasila sudah cukuo bagus, begitupun dengan pengamalan sila sula yang ada sudah diaplikadikan dalam kehidupan sehari harinya.

Dalam kesempatan dengar pendapat itu, Ferdi memberikan bantuan sembako kepada para peserta. (Jay)