Kawasan Talangseng Garut Akan Dijadikan Lahan Konservasi

Kepala Bidang Sumber Daya Alam pada Dinas PUPR Kabupaten Garut, Edi Guntoro didampingi Kepala Seksi Konservasi Beni Nugraha.

Kandaga.id- Kawasan Talangseng yang berada di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, yang selama ini dikenal dengan irigasi sungainya sempat viral setelah dijadikan kawasan wisata air oleh Pemkab setempat. Rencananya sebagian lahan milik pemerintah itu akan diubah menjadi kawasan konservasi. 

“Kita berusaha mengembalikan aset negara, disana akan dijadikan pilot project, pertama karena di daerah ini akan dijadikan lahan konservasi yang betul-betul asri dan dikembalikan semula asetnya,” ungkapkan Kepala Bidang Sumber Daya Alam pada Dinas PUPR Kabupaten Garut, Edi Guntoro didampingi Kepala Seksi Konservasi Beni Nugraha di tempat kerjanya, Kamis (14/01/2021).

Menurutnya, banyak lahan milik negara yang ada di Talangseng itu, dimanfaatkan oleh warga untuk bertani dan fungsi lainnya. Seiring dengan adanya program pemerintah daerah, maka pihaknya akan segera melakukan tracking untuk memastikan mana saja aset Pemda.

“Disana ada aset irigasi dan aset lahan, jadi akan dikembalikan dulu fungsinya,” katanya.

“Total lahan di Talangseng hasil liniasi sekitar 8 hektare, kalau dari kita mungkin lebih. Untuk lahan konservasi tidak akan semua karena disana ada sawah, kebun ilalang,” katanya.

Menurutnya, lahan pemda yang akan dijadikan lahan konservasi sekitar 2 hektare, sementara sebagian lahan lainnya akan dimanfaatkan untuk fungsi lainnya.

Beni menambahkan, saking luasnya lahan disana, akses jalan menuju Talangseng pun bisa dilalui dua mobil berpapasan. Namun banyaknya lahan yang dimanfaatkan masyarakat, lebar jalan pun kini hanya bisa dilalui kendaraan rada dua

“Program ini sebagai pilot project di Jabar dan sebagian lahannya kita dijadikan konservasi. Beberapa lahan tinggal dibenahi. Ada yang harus diurug untuk nantinya bisa dimanfaatkan. Kita sudah tahu mana letak lahan Pemda, tapi kita akan memastikan lagi titik-titik lahan pemda sekaligus menentukan wilayah mana yang akan dijadikan lahan konservasi,” Ucapnya.

Kondisi terkini di kawasan Talangseng pasca pembenahan lokasi, banyak warung makanan yang dikelola warga setempat, sebab pada hari libur banyak pengunjung yang datang ke tempat itu, baik sekedar berfoto selfi, dan banyak anak anak yang memanfaatkan saluran irigasi untuk berenang. (Jay).