19 kelompok Peternak Sapi Perah Sepakat, Pengurus KUD Mandiri Bayongbong Dikukuhkan

0
75

PENGUKUHAN pengurus KUD Mandiri Bayongbong untuk masa bakti 2021-2025 dilaksanakan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021 di ruang Rapat KUD Mandiri Bayongbong hari Kamis (24/3). Yang dihari oleh Dinas koprasi dan UKM, dinas perikanan dan peterbakan, Dekopinda Garut, pengurus GKSI Jabar, Direktur Induk Pengolahan susu serta Pirkopimcam Bayongbong dan Cigedug .

Pengurus KUD Mandiri bayongbong yang dikukuhkan kembali yaitu; Ketua H. Roni Abdurahman Sofa, keta Bidang Ornanisasi H. Jajat Drajat, SE.,MP, Ketua bidang usaha Ir. Bangbang Kresnoadi. Sekretaris Yaya Sunarya,SP. Bendahara, H. Dudi Darmawan.

Menurut Yaya Sunarya, pengukuhan pengurus KUD Mandiri tersebut berdasarkan hasil musyawarah peternak sapi perah serta anggota kelompok Simpan Pinjam.

“Ada 19 kelompok atau sebanyak 427 anggota yang menyatakan untuk dikukuhkan sedangkan 3 kelompok sebanyak 24 anggota menyatakan pemilihan kembali., begitu juga dari 17 kelompok simpan pinjan PUK dan KCK yang berjumlah 330 orang semuanya menyatakan untuk dikukuhkan kembali,” kata Yaya Sunarya seusai acara RAT.

Pandemi Covid 19 sejak 2 tahun lalu, berpengaruh sekali terhadap keberadaan KUDMandiri Bayongbong, belum lagi harga pakan melonjat, sehingga keuntungan yang diperoleh untuk tahun 2021 sedikit menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Ya., sedikit mengalami penurunan dibanding tahun kemarin, tahun ini kita mempunyai Sisa Hasil Usaha atau SHU 421 juta rupiah,“ terangnya.

Ketua terpilih KUD Mandiri Bayongbong H.Roni Abdurahman Sofa, dalam rencana kerjanya ditahun 2022 ini, tidak terlalu menjanjikan yang muluk- muluk dalam menjalankan roda usahanya , masalahnya selama pandemi masih melanda negri ini, KUDM Bayongbong tentu akan kena imbasnya seperti yang lainya.

“Semuanya tentu berharap, semoga Pandemi ini berlaku, sehingga kami semua bisa beraktivitas dengan lancar,” harapnya.***Agah Margana