GARKOT. (kandaga.id).– Pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Garut Kota melakukan musyawarah ranting di SDN 6 Regol (SDN 10 Regol), Senin (27/02/2023).

Terdapat 3 calon yang akan dipilih oleh 69 SD, 12 SMP serta 12 SMA untuk menjadi Ketua Kwarran Periode 2023-2026. Dan dari ketiga calon tersebut Asep Rohmat memperoleh 25 suara, Ade Yusup 21 suara, dan Abdul Aziz 8 suara.

Dengan demikian, Asep Rohmat wajib mengaktifkan kembali kegiatan Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Garut Kota, sebab hampir dua tahun nyaris tidak ada kegiatan kepramukaan sama sekali, karena selama tahun 2020-2021 terjadi Pandemi Covid-19, sehingga sangat tidak dimungkinkan adanya kegiatan outbond atau kegiatan yang sifatnya klasik.

Jadi sangat wajar dan dipandang perlu ada evaluasi dalam kepengurusan Kwarran Garut Kota agar ada efektifitas kinerja dan menajerial serta program kegiatan yang mencakup kegiatan umum dan khusus.

Diketahui kegiatan kepramukaan ini sangat penting karena berpengaruh besar pada proses pembentukan kepribadian dan nilai-nilai luhur Pancasila. Sehingga dengan terbentuknya kepengurusan Kwarran Garut Kota yang baru ini dapat tercipta sinkronisasi berkesinambungan semua kegiatan kepramukaan di sekolah (gugus depan).

Selain itu, keberadaan Kwarran ini tidak bisa dipisahkan dengan seluruh kegiatan kependidikan. Oleh sebab itu eksistensi keberadaannya akan menjadi tolok ukur atau barometer di tingkat kabupaten.

Sehingga dengan berbagai permasalahan baik secara individual dan kolektif, diharapkan Musran ini dapat menjadikan awal kebersamaan seluruh unsur atas visi, misi serta program yang mendukung suksesnya pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berefek pada kualitas peserta didik maupun pembinanya. ***Jajang Sukmana