Biaya Medis Satu Orang Pasien Covid 19 Bisa Mencapai Rp. 90 Juta.

0
429

Kandaga.ID- Bupati Garut, Jawa Barat, Rudy Gunawan, mengungkapkan, biaya perawatan medis satu orang pasien Covid 19 bisa mencapai Rp. 90 juta, dengan perhitungan  perhari Rp. 6 juta.

” Satu hari itu Rp. 6 juta, kalau perawatannya itu 15 hari, ya Rp. 90 juta. Tapi berpariasi, kalau hanya 5 hari, ya Rp.30 juta,” Ungkap Bupati, kepada wartawan di Pendopo, Rabu (21/10/2020).

Ditanya soal total klaim biaya perawatan seluruuh pasien Covid yang sudah dirawat sejak awal Pandemi, hingga sekarang, Rudy mengaku belum tahu.


” Klaimnya belum ada, dan untuk klaimnya itu langsung ke pusat, kan ada Permenkesnya,” Ujarnya.


Jumlah pasien positif Covid 19 di Kabupaten Garut hingga Selasa (20/10) terdapat 438 orang.

Bupati juga mengaku sudah memanggil para kepala rumah sakit (Rumkit), terkait komitmen pihak rumkit swasta untuk menyediakan tempat perawatan pasien positif Corona. Sejauh ini kata Bupati Rudy, para kepala Rumkit itu, baru komitmen secara lisan.

” Seharusnya kemarin itu, para kepala rumah sakit membuat pernyataan, karena selama ini baru lisan, saya minta supaya ada keseriusan, guyublah. Kalau hanya lisan belum ada surat pernyataan, saya ga bisa. Ini diperlukan untuk antisipasi, persiapan lah,” Tuturnya.

Rudy menyebutkan, perlu persiapan 300 tempat tidur (bed) di luar RS. dr. Slamet.” Di Klinik Medina itu sudah ada 225 bed, kekurangannya tinggal 75 bed lagi,” Jelasnya.

Ia menegaskan, bahwa penyedian bed di Rumkit itu dibayar pemerintah, dan ada kewajiban bagi Rumkit yang ada untuk menyiapkan ruangan dan tempat tidurnya yang dikosongkan. (Jay).