Buku Karangan Dr. Budi, Terpilih Sebagai Bacaan Seluruh Sekolah di Indonesia

0
563

“K.H. Mustofa Kamil Sang Pendekar dari Kota Intan” adalah karya terbaru dari Kepala SMPN 2 Garut, Dr Budi Suhardiman, M.Pd. Bersama 73 lainnya cerita seputar perjuangan tokoh asal Bojong Pasirkuamis Pasirwangi ini ditetapkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai buku bacaan bagi seluruh sekolah di Indonesia.

Penetapannya sendiri diumumkan melalui SK bernomor 1364/G3.2/BS/2018 yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Pemibann Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S pada bulan Mei 2018. Kepada Kandaga, Budi menyampaikan rasa bangganya. Menurutnya, dari 1.300 naskah yang masuk ke panitia, hanya 73 buku yang terpilih salah satunya buku yang ia tulis. “Alhamdulillah, bisa bersaing dengan penulis hebat se-Indonesia,” ujar Dr. Budi Suhardiman, M.Pd, di ruang kerjanya, Senin (20/7/2018).

Sekum DPD AKSI Kabupaten Garut

Budi memaparkan, penetapan buku terpilih yaitu berdasarkan kesesuaian isi dengan tingkat pendidikan siswa, kekuatan isi dan pesan, bahasa, kesesuaian dengan tema, kesesuaian dengan jenis teks, dan aspek kegrafikaan. “Buku yang terpilih akan melalui serangkaian proses penyempurnaan agar menjadi bahan bacaan literasi yang dapat diterima masyarakat. Para penulis akan diikutsertakan dalam pertemuan penulis bahan bacaan literasi yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***