Demi Keamanan, SDN 4 Pataruman Menempatkan Enam Pedagang di Lingkungan Sekolah

0
65

TARKID, (kandaga.id).- Sebanyak enam pedagang yang biasa mangkal di depan SDN 4 Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, kini sudah ditempatkan di dalam lingkungan sekolah.

Demikian disampaikan Kepala SDN 4 Pataruman, Ariana, S.Pd., ditengah kesibukannya dalam mengatur peserta FTBI tingkat kecamatan yang dikonsentrasikan di lingkungannya, Senin (19/9/2022).

“Alhamdulillah, anak-anak yang biasanya jajan melalui pintu gerbang sekolah, kini mereka dengan tertib jajan didalam lingkungan sekolah, dan kami tidak merasa khawatir lagi dengan lalu-lalang kendaraan di jalan raya,” ucapnya.

Ia menjelaskan, keenam pedagang yang ditempatkan di dalam sekolah tersebut, semuanya mengenakan pakaian seragam, lengkap dengan nama dan logo sekolah.

“Kami hanya meminta kepada mereka untuk menjaga kebersihan, tertib dan makanan harus higienis. Selain itu mereka juga menyajikan makanan dan minuman tidak lagi menggunakan plastik tetapi ke dalam tempat makan dan minum yang dibawa anak-anak. Jadi proses edukasi pengurangan pengunaan plastik menjadi kolaboratif system” terangnya.

Kebijakan yang diambil Ariana ini, atas dasar instruksi dari pimpinan, bahwa sekolah yang berada dipinggir jalan raya yang ramai dengan kendaraan harus menertibkan para pedagang dijalan, sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan.

Keenam pedang mengucapkan terima kasihnya kepada kepala sekolah, dan mereka merasa beruntung bisa berdagang di dalam lingkungan sekolah, tidak harus keliling-keliling.

“Memang hanya kami berenam, tapi kalau ada pedagang lewat menanyakan, ada yang kosong atau tidak, kalau ada kami pun tidak melarang pedagang lain menggantikannya namun bukan untuk menetap di sini. Karena tetap dibatasi enam pedagang yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah.” terang mereka. ***Jajang Sukmana.