Sekertaris Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Asep Wawan Budiman

KANDAGA.ID – Pengumuman kelulusan khususnya peserta didik kelas 9 SMP secara serentak dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juni 2024.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut mengimbau kepada Kepala SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Garut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan pasca pengumuman kelulusan, seperti: konvoi sepeda motor di jalan raya, curat-coret pakaian seragam dan lain-lain, yang berdampak pada ketertiban umum, maka perlu dilakukan upaya antisipasi dari pihak sekolah.

Minggu (9/6/2024) melalui WhatsApp, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut melalui Sekretaris, Asep Wawan Budiman mengimbau, pengumuman kelulusan sebaiknya dilakukan secara online, sehingga peserta didik tidak perlu datang ke sekolah.

“Apabila pengumuman secara online tidak bisa dilaksanakan, maka saat pembagian surat kelulusan sebaiknya peserta didik didampingi orang tua/walinya,” terangnya.

Selain itu, memilih jam-jam yang tepat, agar peluang bagi peserta didik melakukan hal-hal yang seperti di atas bisa dihindari.

Ia mengimbau, pembagian surat kelulusan jangan dilakukan terlalu sore, sebab akan berdampak kurang baik bagi peserta didik yang jarak rumahnya jauh dari sekolah (pulang ke rumah tidak kemalaman).

“Acara pembagian surat kelulusan sebaiknya dikemas dalam bentuk syukuran dan do’a bersama. Apabila diperlukan, pihak sekolah bisa bekerja sama dengan aparat keamanan setempat,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana