Disdik Garut Melakukan Bimtek Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas

0
35

kandaga.id – Dalam rangka pemenuhan kebutuhan anak untuk mendapatkan layanan PAUD berkualitas, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas bagi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dari tanggal 14 hingga 15 Oktober 2021 di Rancabango and Resort Hotel, Jl. Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler.

Lingkungan belajar yang berkualitas merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, terang Kabid PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, H. Muhamad Yusuf, S.Sos., M.Pd., Bimtek ini jadi salah satu prioritas dalam mendukung ketercapaian, ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan dan keterjaminan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kamis (14/10/2021).

Sehingga lanjut H. Yusuf, akan mendorong pembelajaran yang bermakna, bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Namun kondisi riel saat ini, belum semua satuan PAUD memiliki kemampuan menyelenggarakan lingkungan belajar yang berkualitas. 

Kondisi riel saat ini dengan masih banyaknya satuan PAUD yang belum memahami implementasi kurikulum dengan benar, dan belum mengintegrasikan prinsip bermain kedalam kegiatan pembelajaran, serta praktik-praktik lain yang dapat mereduksi layanan PAUD yang berkualitas. 

Dengan demikian, ujar H. Yusuf, dari Bimtek ini diharapkan memperoleh informasi dan inspirasi dalam pemahaman terkait perlunya mengembangkan lingkungan belajar berkualitas. Dan tersusunnya rencana tindak lanjut dalam menyebarluaskan informasi dan inspirasi terkait cara mengembangkan lingkungan belajar berkualitas. ***Jajang Sukmana