FKKKS Kabupaten Gelar Rakor dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut

0
181

kandaga.id – Dalam upaya menyukseskan program pendidikan di Kabupaten Garut, Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (FKKKS) Sekolah Dasar Kabupaten Garut, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kolaborasi, koordinasi dan komunikasi lintas unsur dengan Pendidikan Kabupaten Garut di Bukit Alamanda, Sabtu (20/03/2021).

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Rakor yang dipimpin Ketua FKKKS Kabupaten Garut, Zenal Aripin, S.Pd., dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., seluruh pengurus kabupaten dan perwakilan dari 42 kecamatan.

Kadisdik Totong mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas kehadirannya, dan mengajak untuk menggelorakan serta menyukseskan gerakan Ayo Masuk Sekolah.

Gerakan ini akan dilaunching oleh Bupati Garut pada apel terbatas, Senin (22/03/2021) lusa, dengan menghadirkan Ketua FKKKS SD, Ketua MKKS SMP, Ketua IGTKI, 20 peserta didik SMP, SD, serta 10 anak TK, dan masing-masing ketua secara simbolis akan menerima tas sebagai bentuk kangen ke sekolah. Adapun yang lainnya kata Kadisdik Totong, dipersilahkan untuk mengikuti secara virtual di tempat masing-masing.

Totong mengapresiasi dan berjanji akan menghidupkan FKKKS SD ini, bahkan dengan keberadaan dapat mengalahkan waktu yang lain. Untuk itu, dirinya berharap dari Rakor ini dapat menghasilkan kolaborasi dan koordinasi dengan baik, bersinergi dan kinerja yang baik, agar forum ini terus hidup, lebih maju, inovatif, kreatif, dan pentahelix.

Dirinya meminta dalam Rakor ini dapat menghasilkan program-program yang dapat membantu dinas pendidikan, dan harus mampu mendorong, memotivasi siapa yang punya potensi dalam meningkatkan karier, baik pengurus, anggota FKKKS SD maupun yang lainnya.

Totong meyakini, forum ini dapat mencari cara dengan teknis dan strateginya, karena keberadaan pengurus K3S sebagai simbol kecamatan sudah tentu sebagai orang-orang terhormat yang memiliki jiwa Korsa, yang lebih mengedepankan mediasi dalam menyelesaikan persoalan di masing-masing kecamatan.

Totong mengucapkan terima kasih kepada forum yang telah menyukseskan sekolah penggerak, guru penggerak, dan sudah barang tentu menyukseskan Ayo Masuk Sekolah.

Selain itu, jika dalam persiapan KBM tatap muka ini masih ada yang kurang terpenuhi sarana prasarana protokol kesehatan, Kadisdik meminta melengkapinya. Sedangkan untuk vaksinasi akan selesai di bulan Juni mendatang.

Senada dengan Kadisdik, Ketua FKKKS Kabupaten Garut, Zenal Aripin, S.Pd., pun mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, dan mengucapkan rasa syukur setelah tiga kali yang sudah direncanakan, akhirnya hari ini bisa berkumpul untuk membahas perencanaan dalam pengembangan K3S ke depan.

Tak lupa, dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada almarhum Pak Karyana, dalam waktu yang sangat panjang, beliau dengan sabar dan gigih untuk memperjuangkan terbentuknya forum ini. Untuk itu, dirinya meminta kepada semua peserta untuk mendo’akan almarhum.

Sementara Sekretaris FKKKS Kabupaten Garut, Wawan Sopyan, S.Pd., M.Pd., mengatakan, dalam Rakor ini sudah mengagendakan untuk mendiskusikan dan membahas berbagai hal, yaitu Sistematika SIPLAH, Bedah ARKAS dan RKAS, Sistematika penyusunan LPJ dan pendukungnya, Persiapan pelaksanaan AKM kelas VI tahun 2021, dan Persiapan gerkan Ayo Masuk Sekolah. (Jajang Sukmana)***