FTBI di Korwil Pendidikan Garut Kota Sukses

0
119

GARKOT, (kandaga.id).- Dalam rangka mensukseskan revitalisasi bahasa daerah, yang merupakan bagian dari Program Merdeka Belajar Episode ke-17. Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kecamatan yang berlangsung di kompleks SDN 1, 2 Kota Kulon, Selasa (20/9/2022).

Sebagai orang Sunda, sudah barang tentu pembukaan di kegiatan seperti ini menampilkan upacara adat Sunda, yang sarat makna dengan tujuan memotivasi peserta FTBI, agar kedepannya mereka dapat melestarikan, menjaga dan melindungi bahasa dan budaya Sunda.

Anita Istiani, S.Pd., M.Pd

Seperti disampaikan Korwil, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., festival ini sebagai upaya penguatan karakter, memperluas pengetahuan dan melatih serta mengembangkan sikap positif siswa terhadap bahasa dan budaya Sunda.

“Alhamdulillah, pelaksanaan FTBI cukup memuaskan, dan semoga dapat menambah kekayaan dunia pendidikan dan Garut Kota semakin sukses,” ungkapnya.

Melalui lomba bahasa, sastra dan seni Sunda, Korwil Anita mengajak kepada seluruh sekolah di lingkungannya agar belajar mengajar bahasa Sunda kembali ditegakkan, karena selaku orang Sunda berkewajiban melestarikan budaya dan bahasa Sunda.

“Atas nama Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikhlas berjibaku dalam menyukseskan penyelenggaraan acara ini, dan semoga kebaikan kita semua dibalas Allah SWT yang berlipat-lipat,” pungkas Korwil Anita. ***Jajang Sukmana