GEMILANG Meluncurkan Program Ketiga, Seri Literasi dengan FPIK UNIGA

0
146

kandaga.id – Program GEMILANG kembali mengimplementasikan programnya, kali ini yang ketiga yaitu “Gemilang Seri Literatif/Literasi” dengan membina para guru-guru di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota bekerjasama dengan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) dan HIMA PGSD UNIGA menggelar Workshop Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru di Aula FPIK UNIGA, Jl. Raya Samarang (Hampor) No. 52A, Kecamatan Tarogong Kaler, Selas (17/11/2021).

Workshop yang dibuka Dekan FPIK, Dr. Hj. Hilda Anissyifa M.Ag., dan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd, M.Pd., yang diwakili Calon Pengawas, Ajat Sudrajat, S.Pd., M.Pd., ini diikuti sebanyak 38 perwakilan guru.

Selain itu, dihadiri dengan solid keenam inovator Program GEMILANG yaitu Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd., (SDIT Al-Bayyinah), Ema Halimah, M.Pd (SDIT Assalam), Puji Fauziah, S.Pd.SD (SD GIS Prima Insani), Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M (SDN 10 Regol), Suwarso, M.Pd (Atikah Musaddad), dan Ajat Sudrajat, S.Pd, M.Pd (SDN 1 Paminggir).

Ke-38 peserta tersebut secara langsung mendapatkan pemahaman, pembinaan dan pelatihan dari narasumber Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd., (Pengelola SDIT Al-Bayyinah yang juga Dosen PGSD FPIK UNIGA), Fajar Nugraha, M.Pd., (Dosen PGSD FPIK UNIGA), dan Rudi Akmal, M.Pd., (Dosen PGSD FPIK UNIGA), dan sebanyak 170 peserta lainnya mengikutinya secara Daring.

Workshop literasi ini sebagai upaya dalam memotivasi, serta mengingatkan kembali sekaligus mendorong satuan pendidikan di Kecamatan Garut Kota untuk meningkatkan minat dan budaya baca tulis di sekolah.

Selain itu, program seri literasi ini sebagai implementasi dalam mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN), Gerakan Literasi Sekolah (GLS) serta Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Garut yaitu enam literasi dasar (literasi baca tulis, numerik, sains, finansial, digital, dan literasi budaya dan kewargaan.

Adapun yang dijadikan kajian dalam workshop literasi yaitu Best Practice Implementasi Gerakan Literasi Sekolah, Kreativitas Menulis yang Baik dan Benar, serta Penggunaan Aplikasi Mendeley.

Dalam workshop literasi, sekolah di lingkungan Korwil Pendidikan Garut Kota disarankan mengirimkan satu perwakilannya dengan membawa laptop, sudah divaksin (salah satu syarat memasuki kampus UNIGA), dan peserta akan mendapatkan Sertifikat senilai 32 JP. Selain itu, jika sudah memiliki karya tulis (apapun terkait pendidikan) untuk disertakan, dan hasil karya tulis yang memenuhi syarat akan terbitkan.

Diketahui, tema “Dari Garut Kota untuk Pendidikan Garut yang Lebih Baik”. Program GEMILANG pertama Seri Edukatif berupa seminar “Leadership Management Education” di Harmoni Hotel, kedua Seri Inovatif/Seri Motivatif di Institut Teknologi Garut (ITG) Al-Musaddadiyah. ***Jajang Sukmana