GEMILANG, Titik Awal Perubahan Pendidikan di Kecamatan Garut Kota

0
69

kandaga.id – Dalam upaya meningkatkan kompetensi, kreativitas dan inovasi, kemampuan literasi, kolaboratif serta membangun penguatan pendidikan karakter kepala sekolah dan guru. Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota melakukan launching Program GEMILANG sekaligus seminar “Leadership Management Education” di Harmoni Hotel, Jl. Cipanas Baru No. 78, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa (5/10/2021).

Launching dibuka Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., Rektor ITG, Dr. Hilmi Aulawi, ST., Dekan FPIK UNIGA, Dr. Hj. Hilda Ainisyipa, M.Ag. dan narasumber seminar, Yendra R. Pamungkas, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., para kepala SMP, kepala SD serta pengawas se-Kecamatan Garut Kota.

Wakil Bupati Garut, dr. H. Helmi Budiman mengapresiasi langkah yang diambil Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota. Pasalnya, program GEMILANG ini merupakan salah satu inovasi dalam rangka menjawab tantangan dinas pendidikan hari ini dan kedepannya.

“Kita sedang menghadapi Covid-19, juga sedang menghadapi problem-problem sebelumnya pun masih terus jadi agenda,” ujarnya. Sehingga, kata Wabup Helmi, inovasi program GEMILANG ini jadi salah satu jawaban dari problem tadi.

Inovasi di sini, ungkap Wabup Helmi, seperti dikatakan Rektor ITG yaitu bagaimana cara meningkatkan kompetensi guru dan harus terus dilatih, diasah dalam kondisi apapun. Kemudian bagaimana caranya memberikan semangat kepada anak-anak dalam belajar.

“Mudah-mudahan dengan peluncuran ini, anak dan orang tua di rumah bisa lebih optimis, walaupun kondisi seperti ini, bahwa anak-anak kita bisa prestasi, bisa meraih cita-cita yang diharapkan,’ pungkasnya.

Hal senada disampaikan Kadisdik Totong, S.Pd., M.Si., pasalnya, program GEMILANG ini begitu ceria dan memang harus gemilang. Dirinya berharap, semangat ini di contoh kecamatan yang lainnya.

Sementara itu, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., mengatakan, program GEMILANG diluncurkan untuk menjawab challenge dari kepala dinas pendidikan, dan ini sebagai bukti bahwa di Kecamatan Garut Kota memiliki potensi paling besar dan terdepan.

Korwil Anita mencontohkan, Kecamatan Garut Kota memiliki sekolah penggerak terbanyak se Kabupaten Garut, termasuk prestasi-prestasi yang lainnya.

Dirinya berharap, dengan launchingnya inovasi program GEMILANG, semua prestasi terus ditingkatkan, baik prestasi kepala sekolah, guru, termasuk peserta didiknya.

Dalam launching ini juga terdapat penandatangan kesepakatan bersama atau MoU antara Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota dengan ITG dan UNIGA, yang juga Kadisdik turut menandatanganinya. Dan tidak menutup kemungkinan, kata Dr. Hanny Latifah, M.M.Pd (SDIT Al-Bayyinah) akan ada MoU dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di Kabupaten Garut, karena Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut akan terus berkolaborasi dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan program GEMILANG.

Mengusung tema “Dari Garut Kota untuk Pendidikan Garut yang Lebih Baik”. Program GEMILANG jelas Dr. Hanny, terlahir dari obrolan melalui virtual pada tanggal 31 Agustus 2021 antara dirinya dengan lima kepala sekolah lainnya yaitu Ema Halimah, M.Pd (SDIT Assalam), Puji Fauziah, S.Pd.SD (SD GIS Prima Insani), Ema Nurjamilah, S.Pd.SD., M.M (SDN 10 Regol), Suwarso, M.Pd (Atikah Musaddad), dan Ajat Sudrajat, S.Pd, M.Pd (SDN 1 Paminggir).

Dari kesempatan tersebut lanjut Dr. Hanny, dan sepakat dengan Korwil, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., untuk membentuk sebuah program Gerakan Edukatif Motivatif Inovatif Literatif dan Adaptif di era New normal Garut Kota yang disingkah (GEMILANG).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata Dr. Hanny, GEMILANG adalah bercahaya terang, bagus sekali dan cemerlang. Sehingga dengan dibentuknya program tersebut, seluruh kepala sekolah beserta guru khususnya di lingkungan Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota berada diposisi paling GEMILANG.

“Dengan launchingnya program GEMILANG ini, diharapkan jadi titik awal berkolaborasi belajar bersama, baik dalam hal yang baru maupun berbagi best practice pengelolaan sekolah, juga dalam pengembangan inovasi pembelajaran, dengan penuh harap dapat meningkatkan mutu pendidikan serta adanya pemerataan mutu pendidikan di Garut Kota khususnya,” pungkas ketua pelaksana ini. ***Jajang Sukmana