Jelang Tahun Baru 2021, KOPIBOCI Gelar Pameran di Bukit Teletubbies

0
371

kandaga.id – Menjelang pergantian tahun baru, para pencinta bonsai di wilayah Garut selatan gelar pameran di Bukit Teletubbies Pantai Sayang Heulang, Selasa (29/12/2020) baru lalu.

“Kegiatan ini sebenarnya hanya menjalin hubungan silaturahim dengan sesama pencinta bonsai,” ucap Ketua Komunitas Pecinta Bonsai Cisompet (KOPIBOCI), Eman Sulaeman di lokasi pameran.

Lanjut Eman, kegiatan di wilayah Garut selatan ini baru kali pertama di gelar dan Alhamdulillah mendapat apresiasi dari Forkopimcam Kecamatan Pameungpeuk.

Eman mengucap syukur Alhamdulilah, yang datang ke lokasi pameran bukan dari Kecamatan Cisompet saja, tapi ada yang dari Cikajang, Pameungpeuk bahkan dari Kabupaten Bandung.

“Pameran berbagai jenis bonsai, bahkan usia dan ukuran pun bervariasi. Seperti dari pohon serut usianya ada yang 2-3 tiga tahun bahkan tidak menutup kemungkinan ada yang berusia 20-30 tahun,” ungkapnya.

Adapun jenis kayu yang dapat dijadikan bonsai seperti kaliage, serut, kiara, caringin, waru, dan berbagai jenis kayu.

“Mengambil tempat di bukit Teletubbies ini sengaja, guna mencegah adanya penjarahan daerah yang labil, karena kebanyakan orang dari kota cara mendongkel tidak dengan perhitungan, yang penting mereka dapat pohon untuk di jadikan bonsai. (Iwan Setiawan)***