Korwil Edi Sutrisno: Promosi Kepala Sekolah Harus Jadi Pelopor

0
311

TARKID, (kandaga.id).- Sebelum penempatan promosi kepala sekolah, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul melakukan verifikasi terlebih dahulu kepada sekolah yang akan ditempatinya, jangan sampai kepala sekolah yang baru terbebani dengan persoalan, terutama masalah utang piutang, namun jika masuk akal dan dapat terselesaikan, itu masih ditolerir.

Demikian disampaikan Korwil, Edi Sutrisno, S.Pd., M.Pd., usai melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) promosi dan rotasi kepala sekolah di di Aula PGRI Cabang Tarogong Kidul, Kamis (14/7/2022).

Ia meminta kepada seluruh kepala sekolah untuk jujur, transparan dan kondisi sekolah yang sebenarnya, jangan sampai dua tiga hari kepala sekolah yang baru berteriak karena terbebani dengan utang, baik pribadi maupun sekolah.

“Kami meminta kepala sekolah promosi untuk jadi pelopor serta mengikuti perkembangan zaman. Teruslah bergerak lakukan inovasi untuk perubahan, rapatkan barisan, kokohkan persatuan dan kesatuan demi kemajuan pendidikan di Tarogong Kidul,” ucapnya.

Sebelumnya, sejumlah 11 jabatan rotasi dan promosi kepala sekolah melakukan Sertijab atas dasar petikan Keputusan Bupati Garut, Nomor : 821.2/Kep.661-BKD dan Nomor : 821.2/Kep.662-BKD/2022 tentang Penugasan Kepala Sekolah Dasar dan Pengangkatan Pejabat Fungsional Guru Menjadi Kepala Sekolah Dasar.

Penandatanganan berita acara disaksikan Korwil Edi Sutrisno, S.Pd., M.Pd., Korwas Dedah Maryonah, M.Pd., pengawas Titin Surtini, M.Pd., dan , Ida Siti Faridah, S.Pd.I., M.Pd., Ketua PGRI Cabang, H. Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., Ketua K2S, Agus, S.Pd., dan para kepala sekolah lainnya.

Korwas Korwas Dedah Maryonah, M.Pd., mengatakan, dari hasil seleksi dan ijin dari kepala sekolah masing-masing, ada 24 calon untuk mengikuti seleksi ditingkat kabupaten. Dan Alhamdulillah, kata Dedah, semuanya lulus.

“Periode sekarang baru 10 sudah ditempatkan, dan bagi yang lainnya untuk menunggu di periode berikutnya,” ucap Korwas Dedah.

Dia menekankan kepada promosi kepala sekolah untuk melakukan perubahan pola pikir dan cara pandang ke arah lebih baik, serta mengacu pada aturan yang ada.

“Jadilah pemimpin yang profesional, amanah demi kemajuan pendidikan di Kecamatan Tarogong Kidul,” pesannya.

Sementara Ketua PGRI Cabang, H. Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung.

“Mudah-mudahan berjalan lancar dan penuh keberkahan,” ucap H. Enung. Dirinya meminta, kolaborasi ini menjadi teamwork yang solid, tonjolkan dan tingkatkan karakter kepemimpinan, lakukan koordinasi, dan kontribusi demi kemajuan pendidikan Tarogong Kidul.

Perwakilan promosi kepala sekolah Dewi Sinta, S.Pd., mengatakan, mudah-mudahan kehadirannya dapat mewujudkan tema “”Membangun Karakter Pemimpin yang Mampu Berkontribusi, Berkolaborasi dan Berinovasi untuk Mewujudkan Perubahan Paradigma Baru Pendidikan”.

“Kami memohon bimbingannya dari Korwil, Korwas dan pengawas serta Ketua PGRI, untuk memajukan pendidikan di Kecamatan Tarogong Kidul,” ucapnya.

Berikut jabatan rotasi dan promosi di Korwil Tarogong Kidul :

1). Maemunah, S.Pd., jabatan lama Kepala SDN 1 Sukabakti, di rotasi ke SDN 2 Sukabakti, mengantikan Henah, S.Pd., yang Pensiun TMT 1 Nopember 2021.

2). Ariana, S.Pd., jabatan lama guru SDN 1 Tarogong dipromosikan ke SDN 4 Pataruman, mengantikan Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., yang Plt TMT 1 Januari 2022.

3). Tita Rosita, S.Pd., M.Pd., jabatan lama guru SDN 4 Pataruman dipromosikan ke SDN 3 Haurpanggung, mengantikan Dida Pardilla, S.Pd., yang Plt TMT 1 Januari 2022.

4). Ate Masdar, S.Pd., jabatan lama guru SDN 5 Sukajaya dipromosikan ke SDN 1 Sukabakti, mengantikan Maemunah, S.Pd., yang dirotasikan ke SDN 2 Sukabakti.

5). Rudi Murbaya, S.Pd., M.M.Pd., jabatan lama guru SDN 5 Sukagalih, dipromosikan ke SDN 2 Kersamenak, mengantikan Udin Nuryadin, S.Pd., yang Pensiun TMT 1 Juni 2022.

6). Kokom Komariah, S.Pd., jabatan lama guru SDN 5 Sukagalih, dipromosikan ke SDN 2 Sukagalih, mengantikan Ela Julaeha, S.Pd., M.M yang Plt TMT 1 Januari 2022.

7). Dewi Sinta, S.Pd., jabatan lama guru SDN 2 Sukabakti, dipromosikan ke SDN 1 Sukakarya, mengantikan Agus, S.Pd., yang Plt TMT 1 Maret 2022.

8). Yuyun Yuniarti, S.Pd., jabatan lama guru SDN 1 Sukagalih, dipromosikan ke SDN 4 Sukajaya, mengantikan Edi Sukamto, S.Pd., M.M., yang Plt TMT 1 Januari 2022.

9). Neneng Cutiawati, S.Pd.SD., jabatan lama guru SDN 2 Sukabakti, dipromosikan ke SDN 1 Kersamenak, mengantikan Suhendar Sasmita, S.Pd. yang Plt 1 Juni 2022.

10). Wulan Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd., jabatan lama guru SDN 1 Mekargalih, dipromosikan ke SDN 3 Mekargalih, mengantikan Taya Rusmana, S.Pd., yang Plt TMT 1 Januari 2022.

11). Lilis Siti Rohmah, S.Pd., jabatan lama guru SDN 5 Sukajaya, dipromosikan ke SDN 1 Cibunar, mengantikan Ai Saadah Rachmawati, S.Pd.,M.Pd., yang Plt TMT 1 Januari 2022. ***Jajang Sukmana