Korwil Pendidikan Garut Kota Berupaya Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dan Guru Melalui Bimlat IKM

0
85

GARKOT, (kandaga.id).- Upaya memperkuat pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada standar kompetensi lulusan serta memperhatikan ketercapaian kompetensi peserta didik dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). 

Seluruh kepala sekolah, guru kelas dan guru Maple PAI serta guru Mapel PJOK di Lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut mendapat bimbingan dan pelatihan (Bimlat) mulai tanggal, 19 – 29 Juli 2022.

Mengusung tema “Meningkatkan profesionalitas kepala sekolah dan guru melalui bimbingan dan pelatihan implementasi kurikulum merdeka dengan platform merdeka belajar dan mengajar”. Bimlat dibuka Korwil, Anita Istiani, S.Pd., M.Pd., dihadiri Korwas berserta pengawas, Ketua PGRI Cabang, Ketua K3S, serta 69 kepala sekolah di Aula PGRI Cabang Garut Kota, Selasa (19/7/2022).

Bimlat ini sebagai langkah nyata dalam upaya mempersiapkan diri dalam menyambut tahun pembelajaran 2022/203, serta pemberlakuan kurikulum merdeka.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dengan meningkatkkan kompetensi kepala sekolah dan guru dalam mengelola pembelajaran di sekolah sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik dan tuntutan kecakapan abad 21.

“Satuan pendidikan perlu mengembangkan kurikulum dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan kondisi, potensi daerah, dan peserta didik,” ucap Korwas, Ajat Sudarajat, S.Pd., M.Pd.

Bimlat melalui workshop ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi kepala sekolah dan guru. Oleh karena itu, kepala sekolah dan guru wajib untuk berpartisipasi dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Mudah-mudahan melaui pembinaan dan pelatihan professional ini dapat meningkatkan kompetensi kepala sekolah dan guru dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya mengelola pembelajaran serta meningkatkan kemampuan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” harap Ajat.

Pelaksanaan Kurikulum Merdeka diberlakukan secara bertahap, tahun pertama bagi kelas I, kelas IV, tahun kedua bagi kelas II, kelas V, serta tahun ketiga bagi kelas III, kelas VI. ***Jajang Sukmana