Korwil Pendidikan Tarogong Kidul, Memperingati Nuzulul Qu’ran 1443 Hijriyah Sekaligus Bukber

0
203

TARKID, (kandaga.id).- Mengusung tema “Al-Qur’an sebagai Spirit untuk Berkarya Lebih Inovatif”, PGRI Cabang, K2S, Gugus dan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul memperingati Nuzulul Qu’ran 1443 Hijriyah sekaligus buka puasa bersama di Mesjid SDN 4 Pataruman, Rabu (20/4/2022).

Kegiatan dihadiri Korwil Edi Sutrisno, S.Pd., M.Pd., Korwas Dedah Maryonah, M.Pd., beserta para pengawas, Ketua PGRI Cabang, H. Enung Parhanudin, S.Pd., M.M., Ketua IPI Kabupaten Garut, Mahmud Rochmat, S.Pd., M.Pd., Ketua K2S dan seluruh kepala sekolah.

Dalam tausyiahnya, Ketua PGRI Cabang, H. Enung mengatakan, momentum Nuzulul Qu’ran ini harus mampu merubah diri kearah yang lebih baik.

“Coba introspeksi kepada diri sendiri, apakah sudah benar kita menunaikan kewajiban kita selaku orang Islam, seperti dalam ibadah shalat, sudah sejauh mana kita melaksanakannya? Dan sudah sejauh mana kita mampu menahan nafsu?,” ujarnya.

Selain itu, peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan momentum bagi kita untuk mengingat kembali peristiwa penting sejarah turunnya Al-qur’an.

“Al-qur’an merupakan pedoman hidup yang harus diimani dan diyakini oleh setiap muslim, sehingga dapat memotivasi kita dalam pengamalan kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Di samping itu, peringatan Nuzulul Qur’an merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Sehingga amaliyah ibadah yang kita laksanakan lebih bermakna dan berkualitas, sesuai dengan petunjuk dalam Al-qur’an dan As-sunnah.

Bagaimana agar kita itu lebih dekat dengan Al-qur’an, karena Al-qur’an itu merupakan respon atau jawaban dari setiap permasalahan Nabi Muhammad SAW. Maka daripada itu, terang H. Enung, kita selaku umat Nabi Muhammad SAW, apapun permasalahan yang kita hadapi yakinlah semua jawabannya ada di dalam Al-qur’an, selain itu, dengan membaca Al-qur’an kita juga mendapatkan kebaikan.

Diketahui, sebelum melaksanakan ibadah puasa, seluruh keluarga besar Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul melakukan keramasan dengan saling bermaaf-maafan. Dan peringatan Nuzulul Qur’an ini rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan, bahkan setelah Idul Fitri biasanya melakukan halal bihalal, hanya tahun kemarin dampak dari pandemi Covid-19 tidak bisa dilaksanakan. ***Jajang Sukmana