Lurah Jayawaras : SMKN 1 Garut Sebagai Pilot Projects Membangun Masyarakat Maju

0
159

kandaga.id – Program SMK membangun Desa/Kelurahan, yang dilakukan SMKN 1 Garut terhadap Kelurahan Jayawaras membuahkan hasil positif yang luar biasa dalam membantu pertumbuhan ekonomi khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Kelurahan Jayawaras, Agus Kusnadi, SE., mengatakan, SMKN 1 Garut sebagai pilot projects di Kabupaten Garut, khususnya bagi Kelurahan Jayawaras telah terbantu sekali dalam menciptakan lahan usaha bagi warganya, sehingga kedepan dapat terlihat peluang usaha, mau bagaimana dan harus bagaimana.

“Kerjasama ditahap kedua ini dilakukan pemasangan internet gratis pada 78 pelaku UMKM dalam mendorong serta membantu pemasaran melalui media sosial, yang tentunya sangat membantu dalam pemilihan ekonomi apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini,” ujar Lurah Agus.

Lurah Agus mengucapkan terima kasih kepada SMKN 1 Garut yang telah membantu yang sangat bermanfaat sekali bagi pengembangan masyarakatnya, dan berharap ada program lainnya lagi dalam membangun Kelurahan Jayawaras.

Dirinya sudah merasa dan melihat secara langsung peserta didik SMKN 1 Garut telah memperlihatkan kemampuannya, dan ini sebagai bukti bahwa SMK di Kabupaten Garut, hanya SMKN 1 Garut yang sudah siap untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Alhamdulillah pada lomba inovasi kelurahan kami meraih juara kedua, dan salah satunya diekspose hasil kerja sama dengan SMKN 1 Garut yaitu pembuatan sabun cuci piring dan pemasangan internet,” pungkasnya.

Sementara itu, Waka Bidang Manajemen Mutu, Reni Nurhaerani, S.Pd., mengatakan, geliat SMKN 1 Garut dalam mengobarkan “Semangat Membangun Desa” tidak hanya sekedar jargon. Akan tetapi dibuktikan dengan langkah nyata.

Setelah beberapa waktu yang lalu melaksanakan berbagai kegiatan terkait “SMK MEMBANGUN DESA” di desa/kelurahan Kecamatan Tarogong Kidul. Kali ini sampai 25 hari ke depan para siswa Kompetensi Keahlian Teknik Komputer & Jaringan terlibat langsung dalam pemasangan internet gratis untuk 78 pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Jayawaras.

“Semoga gaung SMKN 1 Garut selalu menuai manfaat bagi kelangsungan perekonomian masyarakat desa/ kelurahan sekitar,” pungkas Reni yang diamini staf Waka Bidang Manajemen Mutu, Drs. Agustian Syamsudin, MM. (Jajang Sukmana)***