Melalui Bakti TNI KB Kes, Semua Aspek Pembangunan Dapat Teratasi

0
340

KANDAGA.ID – Dengan tema “Melalui Kegiatan KB Kesehatan Kita Wujudkan Sinergitas TNI dan Pemerintah dalam Usaha Meningkatkan Keikutsertaan Masyarakat Guna Membentuk Keluarga yang Berkualitas dan Sejahtera”. Kodim 0611/Garut melaksanakan Bakti TNI KB Kes Tepadu Tahun 2019 di Makodim 0611/Garut Jl. Veteran No 01 Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (06/08/2019).

Kegiatan dihadiri Kasdim 0611/Garut, Mayor Inf. Hamzah Budi Susanto SE., Wakapolres Garut, Kompol Abdul Kholik, SH., SIK., Asda 1 Garut, Drs. H. Didit Fajar Putradi, M.Si., Sekdis DPPKBPPPA, Adi Parmono, Kabid Keluarga Sejahtera, Alan S.P., Kejari diwakili Kasubagbin, Wawan Kustiawan,SH., Ketua MUI Kabupaten Garut, KH. Sirojul Munir, Danramil jajaran Kodim 0611/Garut, anggota Kodim 0611/Garut, anggota Persit Koorcab XXll Dim 0611/Garut, anggota Polres Garut, anggota Brimob, anggota Yonif R 303/SSM, Camat, Kepala Puskesmas, Kepala UPT KB, Korps Bela Negara, anggota FKPPI Kabupaten Garut dan Masyarakat.

Kegiatan KB Kes terpadu yang diadakan Kodim 0611/Garut meliputi Rakor KB Kes, Pencanangan KB Kes, Donor Darah dan Pengobatan Masal.

Sambutan Dandim yang disampaikan Kasdim 0611/Garut, Mayor Inf. Hamzah Budi Susanto SE., mengatakan, masalah kependudukan merupakan persoalan yang krusial karena terkait dengan semua aspek pembangunan baik pembangunan ekonomi, sumber daya manusia (SDM) maupun lingkungan hidup, oleh karena itu diperlukan dukungan semua elemen masyarakat agar masalah kependudukan seperti tingginya angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) serta pengendalian pertumbuhan penduduk dapat terselesaikan dengan baik.

“Program Keluarga Berencana (KB) tidak hanya membahas tentang kelahiran tetapi yang lebih penting adalah terkait masa depan anak,” ujarnya.

Menurutnya, selaku generasi penerus bangsa program KB merupakan suatu langkah untuk meningkatkan kesehatan ibu dan mengangkat derajat kehidupan perempuan dan keluarga melalui pengaturan kehamilan serta jarak dan usia ideal melahirkan agar terwujud keluarga yang berkualitas bahagia dan sejahtera.

“Bagi TNI terlaksananya berbagai program dalam rangka mengokohkan kemanunggalan dengan rakyat baik melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) maupun Bakti TNI KB kes terpadu seperti yang kita laksanakan hari ini, bukan karena ingin menunjukkan bahwa TNI banyak memiliki Idle Capacity semata Namun benar-benar sebagai wujud komitmen dan panggilan moral TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya turut meringankan beban sosial masyarakat karena TNI tumbuh dan berkembang bersama dan untuk rakyat,” jelasnya.

Dia menambahkan, pencanangan bakti sosial ini juga merupakan momentum penting yang diharapkan dapat berkontribusi nyata dan meningkatkan ke sertaan masyarakat dalam program KKBPK yang dapat menjangkau sasaran sampai daerah terpencil dan tertinggal, khususnya di Kampung KB untuk menjaga kualitas pelayanan dan kelangsungan ber-KB.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas PPKBPPPA, Dinas kesehatan dan jajaran Pemerintah Kabupaten Garut serta segenap instansi terkait dan berbagai komponen masyarakat lainnya yang telah membantu program bakti TNI KB kes terpadu Kodim 0611/Garut ini sehingga dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***