Membanggakan, SDIT Persis Tarogong 2, Raih Juara II Tingkat Kabupaten

0
782

KANDAGA.ID – Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah XI Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, DR. Hj. Lilis Rosita, M.Si., menutup Festival Futsal antar SD/Sederajat “SMKN 1 Garut Cup Ke-II”, kelompok usia 8 tahun kebawah dan usia 9-10 tahun tingkat Kabupaten Garut, dihadiri Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Garut, Amirrudin Latief, di lapangan “Garuda Hitam” SMKN 1 Garut, Jl. Raya Cimanuk No. 309 A, Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).

Sebelumnya, telah selesai digelar Final Festival Futsal kelompok usia 8 tahun kebawah antara SDIT Persis Tarogong 1 melawan SDIT Persis Tarogong 2 dengan skor akhir 4-1 untuk SDIT Persis Tarogong 1.

Terbilang sekolah baru, SDIT Persis Tarogong 2 ini berdiri dua tahun lalu, dengan jumlah 6 rombel, 165 peserta didik kelas 1 dan kelas 2, namun telah sukses meraih juara kedua tingkat Kabupaten Garut.

Keberhasil tim Futsal SDIT Persis Tarogong 2 ini, tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi sekolah, orang tua dan peserta didik itu sendiri. Selain dukungan dari Kepala sekolah, Dra. Ida Faridah, M.Pd., yang turut hadir sekaligus menyemangatinya pada final tersebut, tak lepas dari peran seorang pelatih dan satu-satunya pelatih perempuan yaitu Fisa Natisah, S.Pd.

Fisa Natisah, S.Pd.

Ditemui diruangan kepala SDIT Persis Tarogong 2, Fisa Natisah, S.Pd., mengatakan, tempat mengabdinya belum memiliki sarana prasana olagraga futsal, namun tim Futsal yang berseragam hijau hitam ini sering bermain futsal ketika jam istirahat.

“Berawal dari anak-anak sering bermain bola ketika jam istirahat terlihat ada potensi dan terpilih beberapa peserta didik dan ikut festival futsal ini. Alhamdulillah berhasil meraih juara kedua,” ujarnya bangga.

Menurutnya, untuk latihan mereka semangat, dikasih latihan apapun mereka mau melakukan.

“Pertama latihan fisik yang tidak terlalu berat dan kedua langsung main. Kalau tekhnik mungkin kalau dibandingkan sama yang lain jauh dibawah. Karena mereka mau, terus mereka juga sudah enak sama tim yang itu, jadi bisa,” ujarnya.

Fisa Natisah, S.Pd., mengatakan, tahun 2015 ketika kuliah mengambil Pendidikan Guru Penjas olahraga di FKOK UPI ada pelajaran dan mata kuliah futsal.

“Sebenarnya saya bukan atlit futsal tapi atlit hoki, tapi permainnya hampir sama dengan futsal, hanya yang membedakan alat, kalau hoki pakai stik, kalau futsal pakai kaki,” ungkapnya.

Fisa mengharapkan, dengan keberhasilan ini dijadikan modal untuk meraih prestasi lebih baik dengan menggali potensi peserta didik, agar bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Anak-anak sangat antusias bermain futsal, termasuk anak-anak kelas 1 sudah kepingin ikutan. Insya Allah pembinaan akan semakin baik, dan berharap punya wadah untuk pengembangan bakat peserta didik,” ujarnya.

Selain itu, Fisa mengatakan, dukungan dari orang tua peserta didik sangat mendukung sekali. Bahkan support-nya sampai mengantar dan menunggu saat latihan.

“Banyak yang bertanya juga, bu gimana ini mau latihan lagi apa enggak, malah mereka yang nanya,” pungkasnya.

Juara Futsal jenjang SD/Sederajat U-8 :

Juara 1, SDIT Persis Tarogong 1 (Rancabogo). Juara 2, SDIT Persis Tarogong 2 (Rancabogo). Juara 3, SD Mangkurakyat IV dan SD GIS Prima Insani.

Juara Futsal jenjang SD/Sederajat U-10 :

Juara 1, SDN Kersamenak 3 Tarogong Kidul. Juara 2, SDN Regol 13 Garut Kota. Juara 3, SDIT Persis Tarogong 1 dan SDIT Bhaskara. (Jajang Sukmana)***