Membentuk Kepemimpinan Kaum Cendekia Melalui PO-LKM

0
469

KANDAGA.ID-Dewasa ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki integritas dan kualitas agar mampu menghadapi tantangan era revolusi industri 4.0. Banyak pihak menaruh harapan besar pada kaum cendekia ini, sebab kelak mereka akan menjadi pemimpin tanah air. Tak heran jika organisasi di perguruan tinggi memfasilitasi mahasiswa untuk mengasah potensi kepemimpinannya. Salah satu organisasi yang baru-baru ini melaksanakan program pelatihan kepemimpinan, yaitu Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMADIKGUSEDA) IPI Garut.

Dua hari ini (09-10/11/19), HIMADIKGUSEDA disibukkan dengan kegiatan penting, yakni Pengenalan Organisasi (PO) dan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM). Kegiatan ini bertempat di aula gedung G lantai 1 kampus IPI Garut. PO dan LKM harus diikuti oleh mahasiswa baru PGSD, dalam rangka melatih kemampuan mahasiswa sebagai “Maha dari segala Siswa”.

Mengusung tema “Aktualisasi Jiwa Kepemimpinan Menuju Optimalisasi Kualitas Berorganisasi”, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepemimpinan dan organisasi, serta membentuk regenerasi dan kaderisasi. PO dan LKM mengajarkan setiap mahasiswa agar menjadi seorang pemimpin dan agen perubahan dari suatu peradaban. Adapun rangkaian dari kegiatan ini mencakup pemberian materi tentang organisasi, kepemimpinan, MKO, simulasi sidang, serta pemilihan ketua angkatan.

Kegiatan PO dan LKM memberikan kesan positif bagi mahasiswa. Mayoritas mahasiswa mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat menambah pengalaman, memperluas wawasan, serta mempererat persaudaraan. (Fitri Ayu)***