“Meungkeutkeun Tali Mimitran, Mageuhkeun Simpay Katresnan”, MKKS dan IKKS SMA Menggelar Rakor

0
497

KANDAGA.ID – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA menyengelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan pertemuan bulanan Ikatan Isteri Kepala Sekolah (IIKS) SMA Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah XI Kabupaten Garut di Aula Hotel Jayasakti 1 Rancabuaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (28/8/2019).

Acara yang diselenggarakan oleh SMAN 21 Garut (Kecamatan Talegong), SMAN 28 Garut (Kecamatan Caringin), dan SMAN 29 Garut (Kecamatan Mekarmukti) ini dimulai tepat pukul 09.00 WIB dengan diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh sisa dari SMAN 2 Garut, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian Tausyiah oleh Ustdz. Iwan guru PAI dari SMAN 21 Garut.

Mewakili tiga sekolah penyelenggara, Drs. H. Enay Sunarya, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf atas kekurangan dalam penyelenggaraan acara kali ini. Walaupun kenyataannya, acara ini dikemas cukup rapih dengan berbagai sajian makan minum dan suguhan acara pementasan seni atraksi siswa dari ketiga sekolah penyelenggara.

“Atas nama rekan-rekan kepala Sekolah menghaturkan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas wafanya ibunda kepala KCD wilayah XI pada tanggal 27 Agustus 2019 kemarin,” pungkasnya.

Ketua MKKS SMA KCD Wilayah XI, Drs. H. Cecep R. Rusdaya, M.M.Pd., menyampaikan acara silaturahim dan rakor ini sebagai agenda MKKS dalam upaya “meungkeutkeun tali mimitran, mageuhkeun simpay katresnan”.

“Pertemuan rutin bulanan MKKS dan IIKS SMA ini selain silaturahim dan rakor juga merupakan ajang best practise sekolah yang secara bergiliran menyelenggarakan pertemuan,” ujarnya.

Menurut H. Cecep, MKKS sebagai organisasi profesi kepala sekolah adalah merupakan forum musyawarah kerja dalam memberdayakan segala potensi di setiap sekolah wilayah kerjanya.

“MKKS harus mau dan mampu memfasilitasi berbagai kegiatan pengembangan potensi guru, tenaga kependidikan dan siswa peserta didik,” ucapnya.

H. Cecep mengatakan, setiap tahun pelajaran MKKS menggelar berbagai Lomba, diantaranya : GTK berprestasi; GTK Bernyanyi; GTK Berolah Raga, OSN; O2SN; FLS2N; Pasanggiri Sunda; Galaksi; Kawah Kepemimpinan Pelajar; Lomba Bulan Bahasa dan berbagai event lainya dalam upaya partisipasi aktif secara konstruktif dalam kegiatan PHBN di tingkat Kecamatan; kabupaten maupun provinsi.

Sementara itu, Wakil Ketua MKKS Jabar, Drs. H. Asep Sukanta, M.M. (Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi) sangat mengapresiasi berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan MKKS SMA Kabupaten Garut.

“Rutinitas yang terprogram dan terarah ini harus bisa ditularkan kepada MKKS Kabupaten/Kota lainnya, sehingga MKKS diseluruh Jabar hidup dinamis secara sehat dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan,” harapya.

H. Asep berjanji akan mensosialisasikan kegiatan di SMA Kota Sukabumi agar dapat mencontoh aktivitas kreativitas MKKS SMA Garut ini.

“Saya tahu betul kompentensi Pak Cecep ini sejak sama-sama dulu di IKIP Bandung awal tahun 1980. Sebagai Ketua Senat Mahasiswa, dia selalu mau dan mampu menghidupkan roda organisasinya,” pungkasnya.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah XI Disdik Provinsi Jawa Barat, Asep Sudarsono, S.Pd. M.M., mengucapkan terima kasih atas kekompakan kerja para kepala sekolah di MKKS SMA Kabupaten Garut, yang senantiasa responsif terhadap kegiatan kedinasan maupun kegiatan non formal.

“Memohon maaf, bila semula kegiatan hari ini merupakan rangkaian agenda KCD XI, yang seharusnya kemarin membukan acara Sosialisasi Program SMA Zonasi di SMAN 7 Garut (Kecamatan Bungbulang),” ujarnya.

Ia menyampaikan selamat dan terima kasih kalau MKKS telah memfasilitasi berbagai kegiatan di KCD XI, sehingga berturut-turut SMA Garut menjadi Juara Umum tingkat Provinsi Jabar, dalam ajang O2SN dan FLS2N.

“Senin, 2 September 2019 kita harus sudah memberangkatkan delegasi siswa dan pembimbing serta official Pasanggiri Sunda tingkat Provinsi Jabar, yang akan digelar sampai taggal 4 September 2019 di Grand Hotel Lembang,” jelasnya.

Dirinya menginstruksikan Ketua MKKS SMA, agar melaporkan identitas siswa O2SN, FLS2N dan Pasanggiri Sunda yang menjadi Juara ke 1 di tingkat provinsi. Karena akan diberi penghargaan uang pembinaan masing-masing siswa sebesar Rp. 1 juta.

“Terima kasih dan selamat kepada ibu-ibu isteri para kepala sekolah SMA di bawah kepemimpinan Ibu Hj. Susi Srimulyati selaku ketuanya, yang responsif dan dinamis dalam kegiatan Dharma Wanita maupun segala aktivitas IIKS-nya yang senantiasa mengutamakan silaturohim dalam menunjang karir kerja para suamiya,” ucapnya.

Untuk itu, tambah Asep, kita senantiasa berupaya untuk mewujudkan Jabar juara lahir batin melalui motto SMA maju berama, hebat semua dan KCD XI akan mengimplementasikannya dalam aspek penampilan, pelayanan dan prestasi kerja. (Jajang Sukmana)***