Minim Informasi Perkembangan Corona, Jubir Covid-19 Kabupaten Garut Dipertanyakan

0
242

Kandaga.id – Perkembangan Kasus Covid-19 di Kabupaten Garut beberapa hari ini belum ada keterangan update resmi dari Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 hingga pukul 16.00 WIB yang rutin disampaikan ke masyarakat.

Hal ini sejak Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut yang ditunjuk sebagai Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Garut, Ricky Rizki Darajat, SH., M.Si dilantik Bupati Garut (4 Mei 2020) beralihnya tugas jadi Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Garut.

Akibatnya, informasi perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut kurang berjalan sebagaimana mestinya. Dan tentu menjadi pertanyaan banyak pihak mengingat informasi tersebut sangat di perlukan dan dinantikan banyak publik.

“Tentunya informasi mengenai perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut sangat kita nantikan, terlebih saat ini banyak pemudik yang mengikuti Rapid test di beberapa titik Chek Point,” ujar A. Nana Juhaeri salah seorang pemerhati informasi terkait perkembangan kasus Covid-19, Sabtu (9/5/2020) siang.

Lanjutnya, tak hanya itu, beberapa informasi pun terkait penjemputan yang dilakukan Tim Medis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut seringkali ia dengar, namun terkait perkembangannya nampak tidak bisa diketahuinya dari media yang seringkali di baca.

“Saya hanya ingin mengetahui sejauh mana perkembangan kasus Covid-19, kalau melihat dan mendengar penjemputan sering, tapi perkembangannya seakan tidak ada informasi yang bisa saya baca seperti sebelumnya, apakah jubirnya membatasi berbicara atau gimana?,” tanyanya.

Sementara Yeni Yunita, SE., M.Si yang saat ini menjabat Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengaku belum mengetahui perkembangan kasus Covid-19.

“Coba saja tanya langsung ke jubir kan masih pa Ricky,” ujarnya, saat dihubungi melalui pesan WhatsApp (WA) pribadinya.

Seperti kita ketahui, dibentuknya Pusat Informasi Perkembangan Virus Corona Disease (Covid-19) Kabupaten Garut, semestinya setiap hari Gugus Tugas atau Juru Bicara (Jubir) menyampaikan press release secara berkala perkembangan terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

Bahkan diberitakan sebelumnya, Bupati Garut H. Rudy Gunawan menyampaikan, bahwa keberadaan dan penugasan Jubir Covid-19 Garut akan dilakukan evaluasi, bahkan terkait pasca pindah tugas Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) lama Ricky Rizky Darajat SH., M.Si, menurut Rudy, masih difungsikan.

Padahal kalau dilihat dari Surat Keputusan Bupati Garut nomor : 443.2/Kep-357-BPBD/2020, Tentang Perubahan Atas Keputusan Bupati Garut nomor : 443.3/Kep-322-BPBD/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), disebutkan dalam lampiran, bahwa Humas Gugus Tugas itu melekat pada jabatan kedinasan, dimana rinciannya, Koordinator adalah Kepala Dinas Kominfo Garut, yang anggotanya adalah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Garut, Kasubag Humas Polres Garut dan unsur Media Center Kodim 0611 Garut. (Jajang Sukmana)***