MKKS SMK Garut Gelar Rapat Kerja Satu Tahun Kepengurusannya

0
87

kandaga.id – Perkumpulan kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Garut menggelar rapat kerja (Raker) di SMK YABP Bungbulang Garut Selatan tanggal 25 – 26 Agustus 2021 baru lalu.

Demikian disampaikan, Ketua MKKS SMK Kabupaten Garut Acep Sundjana Djakaria, melalui kegiatan Raker MKKS yang mengusung tema Sinergitas Tatalaksana Program MKSS bertujuan untuk menyusun program-program dalam peningkatan mutu pendidikan, Selasa (7/9/2021) melalui WhatsApp.

Perlu diketahui, di dalam kegiatan kepala sekolah itu, ada tugas-tugas pengembangan profesi, melaksanakan program pembelajaran, menganalisis hasil, sampai pengembangan keprofesian berkelanjutan. Nah dalam pengembangan diri, MKKS menjadi wadahnya.

Ketua MKKS SMK Kabupaten Garut menegaskan, rapat kerja (Raker) dilakukan dalam rangka evaluasi program kerja tahunan yang telah atau pun belum tercapai, juga untuk membahas isu-isu yang krusial atau berbagai hal dan informasi terkait pembelajaran serta pengelolaan
sekolah dan sebagai tindak lanjut dari rapat kerja, MKKS rutin menggelar rapat koordinasi pengurus tiap bulan.

Rapat koordinasi sekaligus evaluasi Keberhasilan dan kekurangan Program kerja MKKS, sehingga ke depan bisa diperbaiki.

MKKS menargetkan terlaksananya semua program yang direncanakan sesuai masing-masing bidang, dan diharapkan kepada pengurus agar kerja sama yang sudah terjalin balik selama ini, pembinaan terhadap kepala sekolah dan guru-guru bisa dipertahankan atau malah ditingkatkan.

“Kalau ada hal-hal yang kurang sesuai itu perlu ada evaluasi sebagai pembenahan atau peningkatan organisasi,” ujar Acep, MKKS tidak hanya berkumpul, tapi membahas banyak hal. Yang penting kata Acep, untuk kemajuan semua sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan peserta didik SMK.

Seperti bulan ini, yang dibahas dan dibicarakan terkait beberapa hal mengenai keberlangsungan MGMP, Operator Sekolah juga membahas mekanisme AKM yang dilaksanakan.

Kebijakan-kebijakan hasil rapat kerja tersebut, kata Acep, akan disebar luaskan ke sesama kepala sekolah melalui korwil yang tersebar dari korwil 1 sampai korwil 9.

Sementara itu, Sekretaris MKKS Apip Nurahman juga sebagai Kepala SMK PGRI 1 Pakenjeng, mengaku terbantu dengan adanya raker karena bisa mengukur progres program kerja MKKS.

“Seperti pembahasan evaluasi peningkatan kompetensi kepala Sekolah, kegiatan program sekolah yang terkait dengan program kesiswaan (LKS, FLSN,O2SN, OSN, juga pembahasan tentang management sekolah”, tuturnya.

Asep Fauzi Nurohman Kepala SMK Hikmah Garut selaku panitia raker ini mengucapkan terimakasih banyak atas semua pihak sponsorship yang ikut andil mensukseskan kegiatan ini, semoga kedepannya terus terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara pihak sekolah dengan pihak sponsorship dalam rangka pengembangan DIDUKA. ***Jajang Sukmana/Sekretaris MKKS