MPLS SMKN 1 Garut : Kuat Bersama, Karakter Tangguh, Optimis di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

0
68

kandaga.id – Satuan pendidikan berbagai tingkatan serentak melaksanakan penyambutan peserta didik tahun ajaran 2021/2022. Namun karena pandemi Covid-19 sehingga dalam penyambutannya pun dilakukan secara daring (online).

Salah satunya SMKN 1 Garut Jl. Cimanuk No.309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, hari ini mengawali melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dibuka langsung kepala sekolah, H. Bejo Siawoyo, S.TP. M.Pd., di Sasana Wibawa Mukti, Kamis (22/7/2021).

Materi dan waktu yang disampaikan kepada peserta didik baru pada MPLS SMKN 1 Garut ini sudah di program dan sasaran jelas. Bahkan kepala sekolah H. Bejo Siawoyo mengungkapkan, meskipun pelaksanaan MPLS tahun ajaran 2021/2022 ini secara daring, namun tidak mengurangi esensi dari MPLS itu sendiri, dan peserta didik baru bisa paham.

PLS SMKN 1 Garut diikuti sejumlah 843 peserta didik baru, semuanya bertisipasi dalam Webinar melalui aplikasi Microsoft Teams mulai dari tanggal 22 hingga 28 Juli 2021 secara daring dengan mengangkat tema, “Kuat Bersama, Karakter Tangguh, Optimis di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Ketua OSIS SMKN 1 Garut, Disty Isbiyanti Prananingrum menjelaskan, kegiatan PLS ini diselenggarakan penuh oleh OSIS SMKN 1 Garut yang diisi dengan empat hari penyampaian materi (tangggal 22-26 Juli 2021), dan dua hari pengenalan ekstrakurikuler sebanyak 32 ekskul (tanggal 27-28 Juli 2021).

Adapun pemateri yang mengisi acara PLS ini sebanyak 14 orang, diambil dari luar dan dalam sekolah, yaitu Kepolisian, Koramil, dan juga dari Puskesmas.

Pertama, Kamis (22/7/2021). Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi tentang Membangun Peserta Didik yang Berkarakter. Sekolah Ramah Anak & Deklarasi anti kekerasan. Budaya Hidup Bersih dan Sehat/Adaptasi Kebiasaan Baru.

Kedua, Jum’at (23/7/2021). Wawasan Wiyata Mandala. Pengenalan Tata Tertib Berlalu Lintas dan Anti Narkoba. Sadar Hukum dan Pendidikan Anti Korupsi. Pengenalan Lingkungan Hidup Sehat.

Ketiga, Sabtu (24 Juli 2021). Pengenalan Guru dan TU. Pengenalan sarana sekolah dan aturannya. Pengenalan Kurikulum. Pengenalan Kompetensi Keahlian

Keempat, Senin (26 Juli 2021). Parenting orang tua Peserta Didik Baru pada pendampingan pembelajaran daring/jarak jauh/Belajar di rumah, baik peserta didik di SLB atau di satuan Pendidikan penyelenggara Pendidikan inklusi, atau peserta didik regular. Pengenalan Ekstra Kurikuler & Pengarahan Teknis Pemilihan Ekstra kurikuler. Tata Tertib Sekolah/Siswa/Tata Krama. Penutupan.

Terpantau, setiap selesai penyampaian materi, panitia mempersilahkan kepada para peserta didik baru untuk bertanya kepada pemateri terkait materi yang disampaikan pemateri. ***Jajang Sukmana