KANDAGA.ID – SDN 1 Tarogong Gentra Masekdas menggelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan “Gaya Hidup Berkelanjutan” dilingkungannya di Jl. Suherman No. 14, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Jumat (31/5/2024).

“Ubah Galon Jadi Tempat Sampah” jadi tajuk utamanya dalam kegiatan yang sangat penting ini bagi siswa SD 1 Tarogong Gentra Masekdas khususnya, untuk membantu mereka memahami cara menjaga lingkungan dengan mengurangi limbah sampah secara kreatif dan memiliki nilai manfaat.

Melalui WhatsApp, Kepala SDN 1 Tarogong, Sadiah, S.Pd., mengatakan, tujuan kegiatan ini membentuk siswa yang berkarakter, peduli, mandiri sesuai dengan Profil pelajar Pancasila, dengan harapan dapat diterapkan di kehidupan sehari-harinya.

Kegiatan dihadiri oleh Ajat Sudrajat, S.Pd., M.Pd.., selaku Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul, dan Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd., selaku Pengawas Pembina.

Kepala SDN 1 Tarogong, Sadiah, S.Pd., Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Tarogong Kidul, Ajat Sudrajat, S.Pd., M.Pd., dan Pengawas Pembina, Elin Ruslina, S.Pd., M.Pd.

Dengan kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang daur ulang, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis dalam menciptakan solusi berkelanjutan dan mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan.

Selain itu, proyek ini mengasah kreativitas dan keterampilan motorik halus anak-anak melalui kegiatan menggambar dan menghias. Siswa mendapatkan pengalaman langsung tentang bagaimana barang-barang yang tampaknya tidak berguna dapat diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Galon yang telah dihias akan digunakan sebagai tempat sampah di kelas atau di rumah dengan benar, misalnya untuk sampah kertas atau plastik. Dan sangat penting mengajak orang tua untuk berpartisipasi dalam kegiatan di sekolah yang berhubungan dengan keberlanjutan seperti ini. ***Jajang Sukmana