Paskibra SDN 7 Regol Garut Kota, Sarat Prestasi

0
936

KANDAGA.ID – Banyak kalangan yang mengatakan, sekolah di Kecamatan Garut Kota gudangnya Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) berprestasi.

Salah satunya, SDN 7 Regol di Jl. Ranggalawe No. 1, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Meski baru berusia delapan bulan, tepatnya berdiri pada tahun ajaran baru 2018-2019 oleh Kepala SDN 7 Regol, Sri Baetul Sofiah, S.Pd.SD., yang kini menjabat Kepala SDN 2 Ciwalen. Paskibra yang memiliki dua nama pasukan, yaitu inti 1 “Kesatria Kresnapaksa” dan inti 2 “Pasukan Kancil” banyak menorehkan berbagai prestasi yang gemilang.

Dengan motto : “Paskibra tidak takut kalah dan salah”, Paskibra SDN 7 Regol ini berlatih secara rutin setiap Sabtu mulai jam 09.00 – 11.00 WIB dan hari Minggu jam 10.00-13.00 WIB oleh Kang Zupli dan Kang Arga dari SMKN 2 Garut “Pasheman ‘90”.

Pembina Paskibra SDN 7 Regol, Santi Febrinawati, S.Pd., mengatakan, setiap inti berjumlah 16 peserta, inti 1 peserta didik kelas 5 dan 6, sedangkan inti 2 peserta didik kelas 4 dan 5 dengan membawa visi misi melatih kedisiplinan yang tinggi, memiliki jiwa korsa dan melatih mental.

“Berkat dukungan para orang tua peserta didik yang sangat positif baik materi maupun waktu, termasuk dukungan dari pihak sekolah, ke depan Paskibra SDN 7 Regol semakin berkembang, maju dan banyak meraih prestasi di berbagai tingkatan,” ujar Santi penuh harap.

Santi, sebagai guru sekaligus pembina Paskibra, sangat mendukung keberadaan Paskibra SDN 7 Regol, karena dapat menanamkan dan menumbuhkembangkan karakter kedisiplinan pada peserta didik, melatih ketangkasan, serta memberi kesan positif terhadap sekolah.

“Prestasi yang di raih pertama kali Paskibra SDN 7 Regol, pada Lomba Keterampilan Baris-Berbaris (LKBB) di Ciamis, 18 November 2018 dengan meraih Juara Harapan 1 se Jawa Barat, Banten, dan Jabodetabek dan yang kedua di Bandung, 19 Januari 2019 Juara Utama 2 dan Juara Favorit ke-1 se Jawa Barat,” jelasnya.

Selain itu, ujar Santi, pada LKBB memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat di Cikajang, 10 Febuari 2019 pasukan inti 1 “Kesatria Kresnapaksa” berhasil meraih Juara Harapan 1 dan pasukan inti 2 “Pasukan Kancil” meraih Juara Muda 2 se Jawa Barat, Banten, dan Jabodetabek. Dan di Darul Arqom (DA) meraih Juara Utama 3 se-Jabar.

“Alhamdulillah dengan prestasi tersebut, kami mendapat kehormatan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut untuk tampil pada pembukaan SPSK Tingkat Kabupaten Garut di Lapangan Sarana Olahraga (SOR) Merdeka (Kerkhof), Rabu (27/3/2019) baru lalu,” pungkas Santi bangga, sambil menambahkan, tanggal 30 Maret 2019 kemarin, LKBB di Jalan Cihampelas Bandung, Paskibra SDN 7 Regol meraih Juara Utama 2 dan Juara vaforit Terbaik 2. (Jajang Sukmana)***