KANDAGA.ID – Kali pertama, orang tua siswa kelas IX SMPN 3 Garut tahun pelajaran 2023-2024 menggelar resepsi perpisahan dengan kepala sekolah beserta guru-gurunya di Ballroom Kassiti Fave Hotel, Jalan Raya Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu (1/6/2024).

Acara dihadiri H. Mohamad Yusuf, M.Pd., selaku Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Drs. H. Agus WF., M.Pd., selaku Kepala SMPN 3 Garut beserta jajarannya, Drs. H. Duden Surachman, M.Si selaku Ketua Komite beserta jajarannya, serta tamu undangan lainnya.

H. Duden mengungkapkan, bahwa acara “Paturay Tineung” ini segala sesuatunya murni dikelola oleh orang tua siswa, baik tempat, susunan acara, termasuk mengundang untuk hadir.

“Alhamdulillah, SMPN 3 Garut jadi embrio dalam pelaksanaan syukuran perpisahan atas keinginan kuat dan kesepakatan para orang tua dengan dipilihnya Fave Hotel,” terangnya.

Menurutnya, wajar digelarnya acara “Paturay Tineung” seperti ini, sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih para orang tua dan anak-anaknya pada kepala sekolah beserta guru-gurunya yang sudah mendidik selama tiga tahun.

“Atas nama para tua wali siswa, saya mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah beserta guru-guru SMPN 3 Garut, semoga semua ilmu yang disampaikan kepada anak-anak kami membawa kesuksesan, dan ilmu yang disampaikan jadi ladang amal kebaikan,” pungkasnya.

Terdapat 338 siswa kelas IX tahun pelajaran 2023/2024 ini, secara simbolis diserahkan oleh kepala SMPN 3 Garut, Drs. H. Agus WF., M.Pd., kepada orang tuanya masing-masing melalui Ketua Komite, Drs. H. Duden Surachman, M.Si.

Selain itu, pelepasan juga ditandai dengan melepas balon bersamaan yang dilanjutkan pengalungan medali sekaligus musyafahah dengan para tamu undangan.

Wakasek SMPN 3 Garut, Drs. Aceng Muslim, M.Pd., mengaku, dirinya bersama kepala sekolah dan semua guru-gurunya termasuk tenaga kependidikan menghadiri acara “Paturay Tineung” ini atas undangan panitia (para orang tua wali siswa).

Menurutnya, acara kali sangat spesial, karena baru pertama dilaksanakan di luar sekolah, dan kebetulan ketua komitenya baru, H. Duden, tapi kedepannya tidak tahu, karena semua itu tergantung pada para orang tua siswa.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat bahwa dalam acara ini ada subsidi silang, bukan hanya orang tua siswa yang mampu saja, tetapi juga yang kurang mampu. Terima kasih pada panitia, semua siswa beserta orang tuanya bisa hadir,”‘ pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh salah seorang guru SMPN 3 Garut, Dadan Nugraha Pribadi yang mengaku mendapat undangan dari panitia. Ia apresiasinya kepada semua orang tua wali siswa yang telah mengadakan acara “Paturay Tineung” di luar sekolah ini.

“Terima kasih kepada panitia, khususnya pada semua siswa, kami bangga, semoga kalian menjadi orang-orang sukses dan membanggakan diri sendiri, orang tua termasuk sekolah,” pungkasnya.

Acara “Paturay Tineung” ini bukan akhir, tapi awal dalam menggapai cita-cita. Oleh karenanya, semua siswa yang berakhir di masa jenjang SMP ini agar mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya sesuai dengan bakat minatnya, dan menjaga nama baik SMPN 3 Garut dimanapun berada. ***Jajang Sukmana