Pemkab Garut Beli 6 Unit Ambulans Untuk Minimalisir Angka Kematian

0
167

Bupati Garut, tengah melihat fasilitas ambulans baru.

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat membeli enam unit ambulans untuk meningkatkan pelayanan RSUD dr. Slamet. Pengadaan ambulan yang cukup mewah senilai Rp. 3 milyar itu, dilengkapi dengan fasilitas seperti fentilator, oksigen, alat deteksi jantung, dan lain lain.

” Pengadaan ambulans ini, untuk meminimalisir angka kematian, karena itu, ambulans ini dilengkapi dengan berbagai alat untuk menangani pasien yang kondisinya kritis,” Kata Bupati Garut, H. Rudy Gunawan
saat melihat fasilitas ambulans di halaman Pendopo, Senin (26/10/2020).

Fasilitas yang tersedia di dalam ambulans baru.

Bupati Rudy juga menyebutkan, ambulans tersebut akan dipergunakan untuk pasien positif Covid-19 yang kodisinya gawat darurat .

“Kita, yang kayak begini (ambulans) ada enam unit. Harganya itu yang Rp. 500 juta dan Rp.700 juta, ini kan ada alatnya juga didalam mobil ini. Sumbernya pengadaannya dana APBD,” ucap Rudy.

Tampilan ambulans baru milik RSID. dr. Slamet Garut.

Disinggung perkara biaya sewa ambulans tersebut, Rudy menyebut, besarannya akan ditentukan kemudian.  Kecuali untuk pasien  BPJS,  tidak ada biaya.“Kalau diluar BPJS, karena ini BLUD, nanti ada ta’rifnya,” kata Rudy.

Sementara, Direktur RSUD. dr. Slamet, dr. Husodo Dewo Adi, Sp OT,  mengatakan, pengadaan ambulans tersebut, sesuai tuntutan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan.

” Semua pasien akan kita layani, sesuai permintaan. Harapannya dengan ambulans ini, kita bis meningkatkan pelayanan,” Ujarnya. (Jay).