Pramuka Penempa Pembentukan Karakter

0
260

KANDAGA.ID – Pramuka merupakan proses pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan dialam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya untuk pembentukan watak atau karakter.

Dengan tema “Tingkatkan Sinergitas Kembangkan Inovasi”, kegiatan Raimuna dan Kanira ke-XIV Cabang Garut 2018, yang dilaksanakan dari tanggal 27 Agustus – 1 Septembet 2018 di Buml Perkemahan Intan Winaya pangkalan SMKN 4 Garut, Jl. Raya Karangpawitan, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, secara resmi dibuka Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman selaku Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, Selasa (28/8/2018).

Acara pembukaan dihadiri Muspika Kecamatan Karangpawitan beserta jajaran, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut beserta pengurus, Ketua Kwarran Gerakan Pramuka se-Kabupaten Garut, para Pembina pendamping dan pimpinan kontingen dari masing-masing Kwarran, sangga kerja Raimuna dan Kanira XIV Kwarcab Garut, dan para pramuka penegak dan Pendega peserta Raimuna dan Kanira XIV Kwarcab Garut.

Wakil Bupati Garut selaku Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman mengatakan, masa usia pramuka penegak dan pandega adalah masa pemuda yang penuh emosi, belum stabil, mudah berubah, masa berkembang dan semangat hidupnya masih dipengaruhi lingkungan.

“Masa-masa itulah perlu adanya pola pembinaan dan pendidikan yang dapat diminati bagi pramuka penegak dan pandega, ujarnya.

Menurutnya, memberikan pendidikan dan pembinaan terhadap penegak dan pandega ini, bertujuan untuk memberikan keleluasaan agar tumbuh daya cipta atau kreatifnya berkembang, diharapkan pramuka penegak dan pandega dapat menjadi pelopor serta mendorong dalam pembangunan di masyarakat.

Hasil dari kegiatan Raimuna dan Kanira ke-XIV Cabang Garut 2018 ini, para peserta harus dapat menjadi pelopor serta motivator dalam kehidupan dilingkungan Gugus Depan (Gudep) maupun dilingkungan masyarakat, harapnya. (Jajang Sukmana)***