Rangkaian TMMD Ke-103, Didik Anak Bangsa Berbudaya Gotong-Royong

0
313

KANDAGA.ID – Dalam waktu dekat, rangkaian Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-103 tahun 2018 di Desa Pancasura, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Satgas TMMD Kodim 0611/Garut akan difokuskan pada pengecoran jembatan.

Demikian dikatakan anggota Kodim 0611/Garut, Sertu Karwana Babinsa Kecamatan Pancasura, Sabtu (03/11/2018).

“Sekarang pemasangan-pemasangan untuk pengecoran. Insya Allah besok mudah-mudahan bisa langsung dicor,” tandasnya.

Sertu Karwana menambahkan, yang paling menarik pengerjaan hari ini dibantu peserta didik dari Al-Muawanah.

Salah satu pelajar Al-Muawanah yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, dirinya bersama temannya ingin membantu dalam pembuatan jalan baru ini.

“Sudah beberapa hari TNI bersama para orang tuanya bekerja dari pagi sampai sore. Dan saya bersama teman-teman ingin membantu, kebetulan jadwal olahraga,” ungkapnya.

Sementara itu, seorang guru olahraga Al-Muawanah yang tidak mau disebutkan namanya berinisiatif jadwal olahraga dialihkan untuk membantu pengerjaan pembuatan jalan baru.

“Ya, mungkin sudah beberapa hari ini kebersamaan TNI di Kampung Sangiang Desa Pancasura ini sudah berbaur serta menyatu dengan anak-anak dan sudah merasa dekat, makanya mereka berkeinginan membantu,” ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan pelajar dalam pengerjaan ini sekaligus mendidik, menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa gotong-royong, sebagai ciri dan bukti dari Kampung Sangiang Desa Pancasura.

Selain itu, dihari yang sama Satgas TMMD Kodim 0611/Garut mengerjakan perbaikan dan pengecatan Mesjid Manarul Huda di Pancasura. (Jajang Sukmana)***