pepeletekan

MIMITI taun 90-an, sabadana gaji pagawe nagri ditaekeun nepi ka dua kali lipet. Samemehna nyepeng duit Rp 100 rebu teh kira-kira mah nyakitu tea ngan saukur pupuluhan rebu. Eta we gaji guru oge lamun teu salah mah ngan saukur Rp 40 rebu. Cindekna, wangkid harita mah duit Rp 100 rebu teh kawilang gede.
Kiwari duit Rp 100 rebu bisa disebut gede, bisa oge leutik, gumantung kana pangabutuh urangna. Bisa disebut gede, lamun ku urang dibeulikeun kurupuk atawa uyah. Komo dibeulikeun huut badag mah, bisa meunang  sababaraha karungeun. Beda deui lamun ku urangna dibeulikeun rokok. Paling duit Rp100 rebu teh ngan saukur mahi 5 bungkuseun. Malah dibeulikeun daging sapi oge apan teu cukup sakiloeun kiwari mah.
Pikeun para guru, kiwari duit Rp 100 rebu teh bisa disebutkeun leutik pisan. Komo pikeun guru anu gajina weuteuh tur geus meunang tunjangan sertifikasi mah. Sigana duit Rp 100 rebu teh diteundeunna oge dina saku kenca, moal-moal acan didompetan. Malah lamun dipenta oge moal matak leuleuweungan. Komo dipenta ku dunungan mah.
Tamba ngahuleng, kutrat-kotret diajar ngalikeun. Da ceuk Si Ocoy oge ngalikeun mah babari pisan. Hese soteh cenah palebah ngabagina. Sabab ari ngabagi mah biasana sok make itungan persen.Sakitu persen ka itu, sakitu persen ka ieu, sesana keur uing. Aya oge anu ngabagina teh ku itungan jangka, nyaeta jang -ka itu, jang-ka ieu, jeung  jang-ka imah. Moal dibahas palebah babagina mah, bisi salah
sokna. Da kitu geuning bebejana keur anu,buktina mah jang ka imah ceuk Si Ocoy oge.

Urang kalikeun we ayeuna mah duit anu saratus rebu teh. Lamun dikalikeun kana 10, jumlahna teh meureun jadi Rp 1 juta. Dikalikeun kana 100 mah jumlahna bakal Rp 10 juta. Lamun dikalikeun kana 1.000 hasilna teh pasti Rp100 juta. Geuningan gede ari dikumpul-kumpul mahnya. Komo lamun dikalikeun kana 8.000, bisa wah pisan atuh. Eta teh karek ku itungan sakali. Komo lamun dikalikeun deui kana 2 atawa 3, jumlahna bakal luar biasa.Babalagonjangan ieu mah. Tadi oge disebutkeun tamba ngahuleng, ngalamun  lantaran hulu baluweng. Hapunten.∗

1 COMMENT

  1. TUGAS Plt BEDA SARENG TUGAS PL. ini uraiannya.

    Pelaksana Tugas disingkat Plt. dalam administrasi negara (Indonesia) adalah pejabat yang menempati posisi jabatan yang bersifat sementara karena pejabat yang menempati posisi itu sebelumnya berhalangan atau terkena pensiun sehingga tidak menempati posisi tersebut. Pelaksana Tugas ditunjuk oleh pejabat pada tingkat di atasnya dan umumnya menempati jabatan struktural dalam administrasi negara, seperti kepala instansi pemerintahan. Meskipun demikian, istilah ini dipakai pula untuk jabatan publik seperti gubernur atau bupati/wali kota.
    Karena sifat sementaranya, seorang Pelaksana Tugas tidak dapat melaksanakan semua portofolio yang diberikan pada jabatannya itu. Penunjukan hanya dilakukan demi kelancaran kegiatan administrasi sehari-hari.
    Dalam Undang-undang Administrasi Pemerintahan (UUAP) batasan-batasan ini diatur, meski tak begitu jelas. “Plh atau Plt melaksanakan tugas serta menetapkan dan/atau melakukan Keputusan dan/atau Tindakan rutin yang menjadi wewenang jabatannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian termaktub dalam Pasal 34 ayat 2 UU tersebut.

    Oleh karena tak jelas batasan wewenangnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengeluarkan Surat Kepala BKN No. K.26.30/V.20.3/99 tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas dalam Aspek Kepegawaian pada 5 Februari 2016. Aturan ini memang sengaja dikeluarkan untuk memperjelas maksud UUAP.

    “Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan yang memperoleh wewenang melalui mandat tidak berwenang mengambil keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian, dan alokasi anggaran,” begitu salah satu poin penting tentang pembatasan wewenang Plt.

    Lalu apa itu tindakan yang bersifat strategis? Seperti apa pula contoh perubahan status hukum kepegawaian? Penjelasannya tak tertuang dalam surat dari Kepala BKN namun termaktub secara jelas dalam penjelasan UUAP.

    Tindakan yang bersifat strategis didefinisikan sebagai tindakan yang memiliki dampak besar seperti penetapan perubahan rencana strategis dan rencana kerja pemerintah. Sementara perubahan status hukum kepegawaian meliputi melakukan pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian pegawai.

    Selain membatasi kewenangan, surat Kepala BKN itu juga menjelaskan wewenang dari Plt. Ada enam wewenang yang termaktub, yakni menetapkan sasaran kerja pegawai dan penilaian prestasi kerja, menetapkan kenaikan gaji berkala, menetapkan cuti selain cuti di luar tanggungan negara, menetapkan surat penugasan pegawai, menyampaikan usul mutasi kepegawaian kecuali perpindahan antar instansi; dan memberikan izin belajar, izin mengikuti seleksi jabatan pimpinan tinggi atau administrasi, juga izin tidak masuk kerja.

    Beberapa bulan sebelum UUAP diundangkan, Kementerian Hukum dan HAM pernah mengatur tentang Plt dalam Peraturan Menteri (Permen) Hukum dan HAM No.1 Tahun 2014. Menurut Permen itu, Plh atau Plt memiliki kewenangan yang sama dengan Pejabat struktural yang berhalangan sementara atau jabatan struktural yang lowong, kecuali untuk lima hal.

    Lima hal itu adalah mengambil kebijakan yang berdampak pada anggaran, menetapkan keputusan yang bersifat substansial, menjatuhkan hukuman disiplin, memberikan penilaian kinerja terhadap pegawai, dan mengambil kebijakan yang mengikat lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here