Satu Tahun Bina Bintang Bangsa Memperkenalkan Olahraga Panahan Sejak Dini Pada Anak-anak

0
562

KANDAGA.ID – Olahraga panahan mulai digemari oleh masyarakat di Kabupaten Garut pada tahun 2017 dan dimulai oleh para komunitas panahan yang ada di Kabupaten Garut.

Komunitas panahan di Kabupaten Garut cukup banyak dan diantara komunitas menjalin silaturahim melalui latihan bareng panahan, tetapi dari komunitas tersebut hanya diikuti oleh usia dewasa saja.

Diakhir tahun 2018 baru mulai diperkenalkan ke sekolah-sekolah dan pesantren–pesantren yang ada di Kabupaten Garut.

Yayasan Bina Bintang Bangsa adalah salah satu lembaga yang memprakarsai bidang olahraga panahan untuk kategori anak-anak dan menyelenggarakan pelatihan memanah untuk usia anak-anak dan remaja bekerjasama dengan salah satu komunitas yaitu Komunitas Pemanah Muslim Bekuda (KPMB) yang berada di Sukagalih Tarogong Kidul.

Atas pengabdiaannya Yayasan Bina Bintang Bangsa mengadakan lomba panahan di kemas dalam bentuk Gebyar Satu Tahun Bina Bintang Bangsa dengan tema “Tidak ada kemenangan tanpa kerja keras”.

Dengan motto, “Jangan pernah puas dengan apa yang kamu dapatkan hari ini karena kepuasanmu akan membuatmu berhenti berjuang”. Perlombaan bertempat di Perumahan Bumi Malayu Regency, Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (18/8/2019).

Ketua Yayasan Bina Bintang Bangsa, Rohani, M.Pd., mengatakan, lomba panahan dibuka untuk umum dan untuk semua kategori yaitu Kategori anak-anak, remaja SMP/Sederajat, SMA/Sederajat, dewasa ikhwan dan akhwat se-Priangan Jabar.

“Tujuan utama dari perlombaan ini adalah untuk meningkatkan minat olahraga memanah sejak usia dini bagi anak-anak, dan mengenalkan bidang olahraga panahan tradisional (horse bow) ke masyarakat luas dengan segala manfaat dari bidang olahraga memanah,” ujarnya melalui WhatsApp (WA) Senin (19/8/2019) siang.

Rohani menjelaskan, perlombaan diikuti 64 peserta terdiri dari 13 anak-anak, 10 remaja SMP, 20 remaja SMA dan 21 dewasa. Namun pada pelaksanaan ada pendaftar yang menyusul jadi jumlah seluruhnya menjadi 70 peserta.

“Alhamdulillah, selain peserta dari Kabupaten Garut banyak pendaftar dari Bandung dan sekitarnya hingga Purwakarta,” jelasnya.

Rohani mengatakan, kategori anak dan remaja dari Kabupaten Garut meraih prestasi membanggakan, kategori anak juara pertama M. Fikruddin M, juara kedua Panji Satya Firmansyah, dan juara ketiga Abrarrasyid. Sedangkan mategori remaja SMP juara pertama Adam, juara kedua Marsyah dan juara ketiga Hilda Salsabilla.

“Alhamdulillah para pemenang semuanya dari Garut, dan ini merupakan awal untuk meningkatkan minat dan motivasi olahraga panahan kepada putra dan putri kebanggaan Kabupaten Garut. Semoga bisa meraih prestasi mewakili Kabupaten Kabupaten Garut ketingkat selanjutnya,” ujarnya penuh harap.

Selain itu jelas Rohani, untuk kategori dewasa akhwat juara pertama Tia Rahmawati, juara kedua Dea Aisyah, dan juara ketiga Fatia Tazkiyatunufur.

“Alhamdulillah kategori ini pun dari Kabupaten Garut,” ucapnya.

Sementara untuk kategori dewasa ikhwannya, tambah Rohani, juara pertama Sugeng dari Bandung, juara kedua Ariswara dari Bandung dan juara ketiga Cecep Eka dari Garut.

“Insya Allah lomba panahan akan diselenggarakan setiap tahun oleh Yayasan Bina Bintang Bangsa, dan semoga melalui event ini akan terlahir putra dan putri terbaik Kabupaten Garut dalam bidang olahraga panahan,” ujarnya.

Yayasan Bina Bintang Bangsa membuka pendaftaran untuk latihan memanah dan berkuda untuk umum setiap Sabtu sore di Komplek Malayu Regency. Bagi yang berminat bisa menghubungi nara hubung di 0812.2445.6950. (Jajang Sukmana)***