SDN 1 Hegarmanah Melakukan Kegiatan MPLS Secara Daring

0
146
Asep Darmawan, M.Pd.

Kandaga.id – Masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 telah selesai, dan tanggal 19 Juli 2021 sebagai awal dimulainya pembelajaran di satuan pendidikan yang biasanya diawali dengan pengenalan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru.

Salah satunya SDN 1 Hegarmanah, di Kp. Barujati, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut yang mewajibkan seluruh peserta didik barunya untuk mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) mulai tanggal 19 hingga 24 Juli 2021.

Kepala SDN 1 Hegarmanah, Asep Darmawan, M.Pd., atas nama sekolah mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik kelas 1 (satu) beserta keluarganya yang telah di terima di SDN 1 Hegarmanah.

“Karena pandemi Covid-19 masih jadi perhatian dan berpengaruh terhadap proses belajar peserta didik baru, maka kegiatan MPLS tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, dan sebagai upaya untuk menghindari menularnya wabah ini, maka kegiatan MPLS kita gelar secara virtual (online),” terang Asep Darmawan, melalui WhatsApp, Sabtu (17/07/2021).

Dirinya berdoa dengan berharap pandemi Covid-19 ini secepat berakhir, sehingga beraktifitas dapat kembali seperti sediakala, serta kegiatan belajar mengajar dapat berjalan normal seperti sebelum terjadi pandemi.

Lanjutnya, berpedoman pada ketentuan Kemendikbud, dinas pendidikan dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, sekolah yang berada di zona orange, kuning hingga merah, belum bisa melaksanakan aktivitas belajar tatap muka, termasuk kegiatan MPLS.

“Kami berharap para orang tua peserta didik baru tetap memantau dan membimbing anaknya mengikuti proses kegiatan MPLS secara virtual ini,” ujarnya.

Menurutnya, konsep MPLS tahun pelajaran 2021 /2022 ini adalah menggali kebaikan dan potensi diri secara maksimal dari rumah. Artinya, seluruh kegiatan mengambil tema MPLS diikuti oleh peserta didik dari rumah masing-masing dan dikendalikan serta dievaluasi oleh pendidik. 

Selama kegiatan MPLS ini berlangsung, pihaknya berharap semua peserta didik baru dapat memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan, mengenal teman-teman baru, kakak-kakak kelas, para guru serta karyawan di SDN 1 Hegarmanah.

“Paling utama dalam kegiatan MPLS ini, peserta didik baru mengenal lingkungan sekolah yang meliputi kondisi fisik, sumber daya manusia, dan budaya akademik di sekolah, sebagai wawasan wiyata mandala tempat kalian belajar selama enam tahun ke depan,” ungkapnya.

Semoga melalui kegiatan MPLS ini, kata Asep Darmawan, semua peserta didik baru SDN 1 Hegarmanah menjadi insan yang beriman, disiplin, dan bermutu.

“Selamat mengikuti MPLS, sukses untuk kita semua, dan demoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi kita. Amiin Yaa rabbal alamin. ***Jajang Sukmana