SDN 5 Margawati, Memiliki Enam Program Pembiasaan Profil Pelajar Pancasila

0
419

MARGAWATI, (kandaga.id).- Walau di pinggir gunung, motivasi untuk belajarnya tidak kalah dengan sekolah di perkotaan. Pasalnya, kami punya program unggulan pembiasaan untuk enam hari di sekolah. Demikian disampaikan Kepala SDN 5 Margawati, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Asep Saepul Mukti, S.Pd., melalui WhatsApp, Minggu (14/8/2022).

Meski terbilang baru ia memimpin sekolah, dengan menjabat kepala sekolah sejak Senin (11/7/2022), namun ide dan gagasan dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila patut mendapat acungan jempol, bahkan semua guru-gurunya termasuk orang tua siswanya pun mendukungnya.

“Alhamdullilah, kami sudah merancang 6 hari program pembiasaan, sebagai bentuk dari Implementasi Kurikulum Merdeka,” ucap Asep Mukti, panggilan akrab Asep Saepul Mukti.

Menurutnya, keenam program pembinaan ini sejalan dengan motto SDN 5 Margawati yaitu MOTEKAR (Mengayomi, Tekun, dan Berkarakter), dengan harapan kedepannya, siswa SDN 5 Margawati menjadi generasi berkarakter, cerdas dan berprestasi, serta dapat mengabdikan diri untuk bangsa, agama dan keluarga.

Keenam program pembiasaan tersebut jelas Asep Mukti, setiap hari Senin guru dan siswa agar membiasakan diri untuk berdisiplin. Selasa membaca buku-buku fiksi maupun non fiksi sebagai upaya menambah wawasan.

“Setiap hari Rabu membawa bekal dari rumah yang disiapkan ibu-ibu, selain menanamkan tentang pengenalan makanan sehat juga menerapkan etika makan yang baik dan berbagi dengan teman,” terang Asep Mukti.

Lanjut Asep Mukti, Kamis Agamis, merupakan kegiatan shalat dhuha bersama untuk menanamkan nilai ketaqwaan dilanjutkan dengan hapalan surat-surat, dan Jum’at Berkah Ceria, siswa berinfaq dan senam bersama agar mereka sehat lahir dan batin.

“Sabtu Bersatu, melalui kegiatan pramuka dan gotong-royong misalnya, membersihkan sampah, WC, atau membuat hiasan untuk perayaan seperti memeriahkan HUT RI seperti sekarang,” pungkasnya. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here