Selama 60 Menit Terkumpul Sampah 82,59 Kg

0
348

KANDAGA.ID – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 di Kp. Babakan Abid, Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, diisi dengan hiburan dan berbagai perlombaan, salah satunya lomba memungut sampah plastik bekas minuman mineral dan sejenisnya. Dimana pada perlombaan ini dijadikan edukasi bagi masyarakat sekitar untuk membiasakan peduli terhadap lingkungan bersih dan sehat.

Sudah barang tentu, kegiatan yang di gagas salah satu anggota DPRD Kabupaten Garut Dapil 1 dari Fraksi PDI Perjuangan, Yudha Puja Turnawan mendapat apresiasi dari masyarakat, yang sebelumnya telah digelar berbagai perlombaan, Rabu (29/8/2018).

Yudha menuturkan, acara yang dikemas dalam memeriahkan HUT RI -73 tahun 2018 ini bertemakan “Ramah lingkungan”, karena di tempat tinggal keluarganya tersebut selalu berceceran sampah-sampah termasuk sampah bekas minuman air menineral dan sejenisnya.

“Lomba memungut sampah ini berbentuk tim yang beranggotakan 10 orang, dengan mengutamakan kebersamaan dalam memungut sampah khususnya sampah botol minuman air mineral dan sejenisnya yang tidak bisa terurai,” ujarnya.

Yudha menjelaskan, 1 tim peserta lomba minimal 6 kantong kresek ukuran medium sebagai media mengambil sampah dengan durasi selama 60 menit dan yang boleh dikumpulkan dari RW. 01, 02, dan RW. 12.

Lomba memungut sampah selama 60 menit ini, telah terpukul seberat 82,59 Kg, dan hasil pengumpulan sampah ini akan disumbangkan kepada yang biasa mencari barang bekas, ujarnya.

Menurutnya, dalam memperingati HUT RI ke-73, selain menghibur masyarakat juga memberikan edukasi yang positif, agar dikemudian hari dengan lingkungan yang sehat dan bersih akan terasa manfaatnya dikemudian hari. (Jajang Sukmana)***