KANDAGA.ID – Happy Parent menjadi tema parental coaching di SDIT Persis Tarogong pada hari Selasa, 21 Mei 2024, dengan harapan merujuk pada keadaan orang tua yang merasa bahagia, puas, dan sejahtera dalam menjalani perannya.

Kebahagiaan ini tidak hanya berkaitan dengan kesejahteraan emosional, tetapi juga mencakup aspek fisik, mental, dan sosial.

Orang tua yang bahagia cenderung memiliki hubungan lebih baik dengan anak-anak mereka, serta mampu memberikan lingkungan lebih positif dan mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap kebahagiaan orang tua adalah dukungan sosial. Dukungan dari pasangan, keluarga, dan teman-teman dapat memberikan rasa aman dan membantu mengurangi stres yang sering kali muncul dalam pengasuhan anak.

Selain itu, memiliki jaringan dukungan kuat juga memungkinkan orang tua untuk berbagi pengalaman dan memperoleh nasihat yang berguna, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam menjalankan tugas-tugas keorangtuaan.

Komunikasi yang efektif dengan pasangan dan anak-anak juga merupakan kunci untuk menjadi happy parent.

Melalui komunikasi yang baik, orang tua dapat membangun hubungan dengan kuat dan penuh pengertian dengan anak-anak mereka, serta memastikan bahwa kebutuhan dan harapan semua anggota keluarga dapat terpenuhi.

Dengan demikian, kebahagiaan orang tua tidak hanya bermanfaat bagi diri mereka sendiri, tetapi juga bagi kesejahteraan seluruh keluarga.

Sekolah, sebagai lembaga pendidikan berperan penting dalam perkembangan anak, menyadari bahwa tanggung jawab pendidikan tidak hanya berada di tangan guru, tetapi juga membutuhkan keterlibatan aktif orang tua di rumah.

Orang tua bahagia, orang tua yang sehat, dan orang tua yang prima akan mampu menciptakan kolaborasi sinergis antara orang tua dengan sekolah, dan menjadi kunci sukses dalam mendidik anak-anak.

Maka dari itu, sekolah merasa penting untuk memberikan dukungan dan wawasan kepada orang tua melalui kegiatan seminar parenting.

Iyus Susanto, M.Pd., selaku Kepala SDIT Persis Tarogong mengungkapkan, seminar parenting ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua tentang berbagai aspek penting bagaimana menjadi orang tua yang Bahagia melalui pendekatan agama dan psikologi.

Iyus Susanto, M.Pd., selaku Kepala SDIT Persis Tarogong memberikan cinderamata kepada Ustadz Sonny Abi Kim.

Ia berharap, melalui seminar ini, orang tua dapat memahami diri sendiri, masalah yang dihadapi serta solusinya agar berdampak positif terhadap lingkungan, juga mempelajari strategi menghadapi tantangan perkembangan anak, serta cara mendukung anak dalam mengembangkan potensi diri mereka.

Selain itu, lanjut Iyus, seminar ini juga bertujuan untuk memperkuat komunikasi dan kerjasama antara sekolah dan orang tua guna menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif bagi anak-anak.

“Dengan menghadirkan para ahli di bidang parenting dan psikologi anak, seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang menyeluruh dan praktis bagi orang tua,” ujar Iyus.

Melalui diskusi dan sesi tanya jawab, orang tua juga memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi dalam mendidik anak-anak mereka.

Pada kesempatan ini SDIT Persis Tarogong menghadirkan narasumber Sonny Abi Kim atau yang kerap kali dipanggil dengan sebutan Ustadz Sonny adalah seorang yang memiliki dedikasi penuh terhadap praktek perubahan kehidupan banyak orang, menjadi lebih baik.

Beliau adalah seorang penulis, Co-Founder PPA Institute, Master Trainer Spiritual Speaker Academy, Supervisory Board Of YAI, dan banyak lagi aktifitas lainnya.

Secara keseluruhan, kegiatan seminar parenting ini diharapkan menjadi langkah nyata bagi sekolah dalam mendukung orang tua agar lebih siap dan percaya diri dalam mengasuh dan mendidik anak-anak mereka, sehingga terbentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan moral yang baik.

Untuk menjangkau audience yang lebih luas supaya manfaat acara ini bisa disaksikan juga oleh orang tua lainnya, maka sekolah menyiarkan langsung melalui channel youtube SDIT Persis Tarogong. ***Jajang Sukmana