TARKID, (KANDAGA.ID).- Pasca diumumkannnya kelulusan pada tanggal 6 mei 2024 setelah para peserta didik yang sudah melewati berbagai Ujian Akhir melalui Uji Kompetensi dan Ujian Sekolah serta dinyatakan lulus, SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut melakukan pelepasan peserta didik kelas XII tahun ajaran 2023/2024 di Aula Yayasan Al Musaddadiyah Garut bertepatan dengan momentum hari Kebangkitan Nasional 20 Mei melakukan berbagai rangkaian kegiatan yang dikemas dalam 3 hari diantaranya: hari pertama, dilakukan sujud Syukur Bersama serta pelaksanan Sholat dhuha Bersama di masjid Al Musaddadiyah, hari kedua dilakukan pentas seni & testimoni (IDUKA, Perguruan Tinggi dan sukses story alumni) dan di tutup dengan acara puncak Wisuda pada Hari Rabu, (22/5/2024).

Acara Wisuda diawali dengan prosesi upacara adat yang dilakukan mulai dari halaman SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut berjalan kaki hingga menuju lokasi acara di aula Yayasan Al Musaddadiyah Garut yang dilakukan dengan defile baris berjajar setiap jurusan yang di ikuti rombongan pimpinan sekolah, para guru dan staf yang disambut oleh para orang tua siswa juga pengawas Pembina SMK KCD Wilayah XI dengan makna secara simbolis pihak sekolah mengembalikan peserta didik kepada kedua orang tua masing-masing, kemudian dilakukan simbolis pengalungan mendali serta penyerahan map ijazah untuk perwakilan setiap jurusan yang selanjutkan dilakukan sungkem kepada orang tua masing-masing perwakilan jurusan.

Acara secara resmi dibuka dengan mengucapkan basmallah serta pengetokan palu sidang oleh Pjs. Kepala SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut, Nono Kartono, S.T., S.Kom., C.PSFL., C.NLP., C.ET., dengan dihadiri Kepala Cadisdik Wilayah XI yang diwakili Pengawas Pembina SMK Kabupaten Garut Apar Rustam Efendi, M.Pd., Ketua Umum Yayasan Al Musaddadiyah Garut  Dr. Ir. H. Abdusy Syakur A., M.Eng ., IPU yang diwakili oleh K.H. Asep Saepuddin Musaddad, M.Pd.I., beserta Hj. Atik Mardiati, M.Pd., para Kepala Unit dilingkungan Yayasan Al Musadaddiyah (Kepala SMA diwakili Waka Kesiswaan, Kepala MA, Kepala SMP, Kepala MTs, dan Kepala PAUD), para guru, para staf, orang tua wali murid serta tamu undangan lainnya., serta di pandu Danni Ramdani, S.Pd.I., S.Kom., CPSFL bersama Sela Suci Nuraisah,  C.ET serta Agnia Nursajati, C.PSFL.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Jenjen Abdul Muiz, S.Ag., S.Kom., CPSFL., kemudian dilanjutkan pembacaan do’a pembuka oleh Asep Budiman, M.Pd., C.PSFL., C.NLP., C.ET., serta menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh tim Padus SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut. Serta menyanyikan mars SMK Ciledug Al Musaddadiyah, Mars Yayasan dan Mars SMK Bisa.

Dalam sambutannya, Nono menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak dalam menunjang kelancaran rangkaian acaranya dan apresiasi kepada Peserta didik dalam menyelesaikan studi selama 3 tahun banyak likaliku yang unik setiap angkatan. Namun demikian kami selaku pihak sekolah selalu mendo’akan yang terbaik untuk para peserta didik kami semoga menjadi anak sholeh/sholehah yang bisa berkati sama kedua orang tua, agama dan negara. Menurutnya, menuntut ilmu tidak hanya di sekolah, karena di luar sana banyak ilmu yang bisa diraih untuk menggapai cita-cita yang diimpikan. Sesuai filofopi kemasan acara hari ini kita kemas dengan nama wisuda mengandung makna Wilujeng sukses damel, dan Wilujeng Sukses Dunia Akhirat) sesuai output bahwa sekolah di SMK bisa meraih BMW (bekerja, melanjutkan, wirausaha). Yang kita kemas dengan acara pensi & tetimoni yang merupakan salah satu implementasi program P5 (projek penguatan profil Pancasila) yang telah dilakukan kemarin 21 mei 2024 dengan menghadirkan:

  1. Skema B=bekerja dihadiri oleh Disnakertrans Kab. Garut yang diwakili oleh ibu Hj. Nani dan ibu Oseu, juga dari PT. Sabda Alam Garut dihadiri bapak Hendra tim HRD
  2. Skema M=melanjutkan dari perguruan tinggi diantaranya ITG, STAI Al Musaddadiyah, IPI dan UNIGA FKWU. 
  3. Skema W=wirausaha yang dikemas dengan sukses story Alumni yang diwakili oleh alumni TKJ atas nama Muhammad Rofi yang baru duaminggu kebelakang baru pulang kerja magang di Jepang, serta alumni dari OTKP atas nama ujang sulton yang merupakan aktivis duta Pendidikan jawa barat dan sekarang sebagai mahasiswa UNIGA.

 Dalam kemasan pentas seni juga kita kolaborasikan kegiatan antara semua siswa kelas X, XI, XII beserta guru dan staf tampil untuk memeriahkan acaranya. 

Disisi lain Nono menyampaikan bahwa saya mewakili Kepala Sekolah yang sedang melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekah Al Mukaromah Bersama istri dan keluarganya sampai bulan juni yang akan datang kita do’akan semoga berkah selalu sehat, dimudahkan segala urusannya serta mendapatkan gelar haji mabrur mabruroh dan bisa Kembali ke Tanah air dengan sehat selamat aamiin YRA. 

Tantangan di masa yang akan datang adalah generasi selanjutnya selain memiliki ilmu pengetahuan juga harus bersaing dalam hal keterampilan, 5, 10, bahkan 15 tahun kedepan generasi kalian lah yang akan menempati posisi penting dalam meningkatkan pendidikan sekolah, serta menuju indonesia emas.” Dan Alhamdulillah tercatat sudah ada ± 19 orang lulusan 2024 sudah dinyatakan bekerja di beberapa instansi dan Perusahaan orang meskipun ijazahnya belum diterima, ada ± 10 orang mau melanjutkan jenjang Lebih tinggi/ kuliah, melanjutkan usaha orang tuanya ± 5 orang. Pungkas Nono

Senada dengan hal tersebut disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah SMK Ciledug Al Musaddadiyah bapak H. M. Nasrullah Ramdhan, M.Si., C.PSFL., C.NLP., C.ET., yang disampaikan melalui media aplikasi online di Mekah al Mukarimah, beliau berharap, ketika sudah lulus semua para peserta didik dapat BMW (bisa Bekerja, bisa Melanjutkan, bisa Wirausaha) serta mempraktekkan ilmu yang telah didapat di sekolah, serta dapat menjaga nama baik sekolah, nama bail almamater serta jangan lupa Ibadah sholatnya dimanapun kalian berada. Dan bapak berdoa disini semoga semuanya selalu sehat, selalu ada dalam lindungan Alloh SWT, serta dimudahkan segala urusannya aamiin Yaa Robbal alamin. Mohon maaf atas segala kehilafan dan kealfaan bapak yang terasa maupun yang tidak semoga Alloh selalu memberikan keberkahan untuk semuanya, semoga Alloh bisa memanggil semua yang hadir ke makom yang mulia ini suatu saat kapanpun semoga dimudahkan jalan dan rezekinya aamiin YRB. Pungkas Nasrullah. 

Apresiasi juga disampaikan K.H. Asep Saepuddin Musaddad, M.Si pada kelulusan dan prestasi yang diraih para siswa SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut serta unsur yang terlibat dalam kepengurusan sekolah. Menurutnya, prestasi yang diraih merupakan buah hasil kerja sama dan keikhlasan para guru dalam mendidik dalam meningkatkan pendidikan sekolah, diantaranya SDM yang memadai, sarana prasarana, serta kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Insya Alloh ke depan bisa lahir universitas Al Musaddadiyah Garut mohon doa dan dukungannya dari hadirin semuanya. 

Kami akan memberikan bantuan beasiswa untuk siswa yang berprestasi yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi diantaranya ke ITG, STAI Al Musaddadiyah dan UNIGA. Terima kasih kepada para orang tua wali dan guru serta berharap kepada para siswa sebagai generasi emas masa depan Indonesia untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Ketua Panitia yang juga sebagai Waka Bidang kesiswaan, Nono Kartono, ST., S.Kom., dalam laporannya menyampaikan bahwa acara penamatan dan perpisahan lulusan tahun 2024 ini dinamakan WISUDA (Wilujeung Sukses Damel, Wilujeng Sukses Dunia Akhirat), dengan jumlah peserta sebanyak 127 siswa, mencakup 7 kompetensi keahlian, diantaranya: AKL (Akuntansi Keuangan & Lembaga), OTKP (Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran), BDP (Bisnis Daring & Pemasaran), MM (Multimedia), TKJ (Teknik Komputer & Jaringan), TBSM (Teknik & Bisnis Sepeda Motor) & TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif).

Sambutan perwakilan kelas XII disampaikan oleh Puput Putri menyampaikan rasa syukur dan ucapakn terimakasih kepada pihak sekolah yang telah membina mendidik hingga kami dinyatakan lulus serta memohon doakan kami menjadi generasi unggul dan bisa berbakti kepada kedua orang tua kami serta bisa menjadi generasi emas untuk NKRI  juga membrikan ucapan terima kasih kepada orang tua kami, serta guru-guru yang telah mendukung kami dan selalu memberikan do’a bagi kebaikan kami. Di tengah-tengah perpisahan ini, mari kita hadirkan senyum, harapan, dan doa yang tulus untuk masa depan. Mari kita jadikan setiap langkah sebagai perjalanan menuju impian dan pencapaian yang lebih besar.  “Every day is painting and every dream is color” Setiap hari adalah lukisan dan setiap mimpi adalah warna,

Selamat berkelana kembali teman teman.”

Berikutnya sambutan perwakilan adik kelas X, XI diwakili disampaikan oleh ketua Osis Sela Suci Nuraisah yang intinya menyampaikan selamat dan sukses untuk menjalani hidup kedepan dan juga disampaikan dalam Bahasa inggris “That is the welcome I can convey. Thank you for your attention. I’m sorry if there are words you don’t understand.”

Sambutan atas nama perwakilan orang tua peserta didik disampaikan oleh ibu Aan Karnamah orang tua Natasya Zahwa Saskia (XII AKL) juga menyampaikan rasa terimakasih yang paling dalam kepada pihak sekolah juga permohonan maaf atas segala kelakuan dan Tindakan anak-anak kami kepada bapak ibu guru staf SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut yang terlibat dalam pengembangan, Pendidikan para anak kami hingga sekarang anak kami semuanya dinyatakan lulus, dan kami berharap anak-anak kami menjadi anak sholeh/sholehah yang bisa meneruskan perjuangan orang tua masing-masing, sehingga bisa menjaga nama baik sekolah dimanapun kalian berada. Selalu ingat slogan dari al musaddadiyah ilmu amaliah amal ilmiah.

Sambutan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XI disampaikan oleh bapak Apar Rustam Ependi, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada sekolah, para alumnus SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut, dan ucapan terimaksih atas undangannya serta permohonan maaf juga bapak kepala tidak bisa hadir karena ada agenda lainnya. Sukses terus buat SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut dengan BMW-nya semoga bisa menjadi berkah untuk kemajuan Pendidikan di Garut Khususnya juga di Indonesia. Kita telah dengarkan paparan dari pihak sekolah tadi disekolah ini ijazahnya masih dalam proses ternyata sudah ada hamper 20 orang sudah dinyatakan berkerja baik di Garut, Jakarta maupun kota lainnya, serta ada sekitar 10 orang sudah dinyatakan duterima diperguruan tinggi serta sekitar 5 orang sudah berwirausaha sambil meneruskan usaha orang tuanya ini luar biasa, semoga menginspirasi sekolah lainnya di Garut. Akhir kata kami berharap bapak ibu orang tuan anti Ketika proses pengambilan Ijazah tidak perlu melibatkan pihak ketiga atau pihak lainnya, cukup siswa dengan orang tuanya saja bersilturahmi ke pihak sekolah. Terimakasih maju terus SMK Bisa SMK Hebat SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut.

Adapun pembacaan SK Kelulusan serta siswa berprestasi di bidang akademik disampaikan oleh Wakasek Bidang Kurikulum Neneng Sumarni, S.Pd., C.PSFL., dengan menetapkan siswa terbaik setiap Kompetensi keahlian, sebagai berikut:

Terbaik dari Jurusan OTKP (Vasya Eprilapani), jurusan BDP (Niha Nuraeni), jurusan AKL (Siti Farihatun Nazwa), jurusan MM (Puput Putri), jurusan TKRO (Muhammad Nidan Hermawan), jurusan TBSM (Sidik Permana), jurusan TKJ (Zulfiatunnisa), dan menetapkan Siti Farihatun Nazwa sebagai siswa terbaik tahun lulusan 2024 dengan perolehan rata-rata nilai 87,12.

Sementara penyampaian siswa berprestasi di bidang non akademik disampaikan oleh Wakasek Bidang Hubinmas Danni Ramdani, S.Pd.I., S.Kom., C.PSFL., dengan menetapkan siswa aktivis terbaik, sebagai berikut: Puput Putri, C.PSFL (XII MM) sebagai Ketua OSIS & Sekretaris FOSJABAR, Naila Mardiana (XII AKL) sebagai Duta Literasi Sekolah, Juara Literasi Nasional & Talenta Jabar, Salwa Tunisa (XII AKL) Juara Pencak Silat Jabar, Rahman Ilyas Putra Mahendra (XII TKRO) sebagai Aktivis Pramuka, Syahirah Nur Halimah (XII MM) sebagai Ketua TCM, Tri Wulandari (XII MM) sebagai Ketua ROHIS. Tasya Tri Amelia Putri sebagai Ketua Eskul & atlit Basket, Restu Herdian sebagai atlit Volly.

Disisi lainnya Pjs. Kepala SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut memberikan Apresiasi kepada: 

  1. Asep Budiman sebagai Guru terbaik, 
  2. Danni Ramdani sebagai staf terbaik
  3. Neneng Sumarni sebagai staf terbaik

Acara perpisahan dan penamatan ini dimeriahkan dengan penampilan upacara adat Bersama Teater Center dan kolaborasi semua eskul, dan paduan suara dari peserta didik SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut. Serta Penampilan Lagu Prof. K.H. Anwar Musaddad oleh ibu Hj. Atik Mardiati, M.Pd. Juga dimeriahkan dengan penampilan ngibing pencak silat serta penampilan guru & staf SMK Ciledug Al Musaddadiyah Garut yang diberinama tim JOLETA (Yani Kristiani, Asep Sumarya, Anisa Permatasari, Windi Andini, Neng Rita Nurjanah, Ai Sri Wahyuni, Resa Siti Nuraeni, dkk).

Selanjutnya acara dilanjutkan Pembacaan Ikrar Alumni dipimpin oleh Puput Putri dan diucap ulang oleh semua peserta Wisuda Angkatan 25, diselingi Persembahan lagu Nasional, terimaksih guruku. Kemudian persembahan special dengan acara Achievment Motivation Training bersama Asep Budiman, SE., M.Pd.,  C.PSFL., C.NLP., C.ET., yang semua peserta dibuat haru dan meneteskan air mata bercucuran dengan tayangan video inspirasi tentang Peserta Didik, Ayah dan Ibu serta Keagungan Rasulullah SAW. Dan menambah semakin berkesan Ketika semua lampu dimatikan serta salah orang tua laki-laki dan Perempuan dibawa kedepan oleh tim panitia kedepan yang kemudian di ikuti oleh siswa laki-laki dan Perempuan melakukan sungkem. Kemudian dikahiri dengan nyanyi Bersama semua hadiri berdiri melantukan lagu tersebut. Acara diakhiri dengan pengalungan mendali yang dibacakan oleh para kajur Jurusan OTKP (Yani Kristiani, SE), jurusan BDP (Anisa Permatasari, S.Pd), jurusan AKL (Windi Andini, S.Pd), jurusan MM (Jenjen Abdul Muiz, S.ag., S.Kom), jurusan TKRO (Danni Ramdani, S.Pd.I., S.Kom), jurusan TBSM (Neng Rita Nurjanah, S.T), jurusan TKJ (Irpan Mualana, S.Kom), selama prosesi pengalungan mendali oleh Pjs. Kepala Sekolah diiringi lagu-lagu oleh tim padus dan foto Bersama serta pembacaan doa penutup oleh H. Iwan Muhammad Ridwan, S.Pd.I. ***Jajang Sukmana