SMKN 1 Garut Gelar Turnamen Futsal ke-V Tingkat Jawa Barat

0
379

KANDAGA.ID – Dalam rangka memperingati hari pahlawan, dan dengan maksud tujuan mengembangkan minat, bakat dan kemampuan serta merangsang minat dan bakat futsal khususnya di kalangan pelajar SMA/SMK di Jawa Barat, SMKN 1 Garut Jl. Cimanuk No. 309A, Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat menggelar SMKN 1 Garut Cup ke-V tahun 2018 yang digelar mulai tanggal 6-28 Nopember 2018 di Sarana Olahraga Garuda Hitam SMKN 1 Garut.

Dengan tema “Melalui kejuaraan futsal diharapkan menjadi wadah kreasi dan motivasi siswa untuk berprestasi di kalangam para pelajar di Jawa Barat”, turnamen yang diikuti 74 tim futsal SMA/SMK/Sederajat di Jawa Barat ini, secara resmi Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah XI Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, DR. Hj. Lilis Rosita, M.Si., dihadiri Ketua Persigar sekaligus Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., yang juga Ketua MKKS SMK Wilayah XI Kabupaten Garut, Ketua KONI Kabupaten Garut, Ketua PSSI Kabupaten Garut, Muspika Kecamatan Tarogong Kidul, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Hj. Lilis mengapresiasi yang dilakukan Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., yang dengan gigih setiap tahun menggelar turnamen futsal baik tingkat SLTP maupun STLA.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa di jadikan sebagai ajang pencarian bibit atlit-atlit Futsal yang berprestasi untuk kedepannya menjadi utusan dari Disdik Jabar ke tingkat Nasional,” ujarnya, Selasa (6/11/2018).

Hj. Lilis berpesan, kepada peserta agar bermain sportif, disiplin dan mengutamakan persatuan dan kesatuan sehingga turnament ini bisa berjalan dengan tertib, aman, lancar dan kondusif.

Ditempat terpisah, Kepala SMKN 1 Garut, Drs. H. Dadang Johar Arifin, M.M., mengatakan, turnamen futsal sudah menjadi agenda rutin tahunan, dan untuk yang sekarang turnamen Fustal tingkat SLTA yang ke V, sedangkan untuk tingkat SLTP yang ke IX.

Menurut H. Dadang, maksud dan tujuan dilaksanakannya turnamen Futsal ini untuk mempererat tali silaturahmi diantara para pelajar dan segenap warga sekolah yang mengikuti lomba.

“Turnamen ini sebagai sarana pembinaan dan pencarian bakat dari para peserta untuk kita seleksi mana pemain yang terbaik, sehingga nantinya bisa menjadi utusan dalam Lomba Kreatifitas Siswa (LKS) tingkat Jawa Barat,” jelasnya.

H. Dadang mengatakan, peserta kali ini diikuti 74 tim dari SMA/SMK se-Jawa Barat, seperti Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Ciamis serta Kabupaten/Kota yang belum bisa disebutkan dan tentunya dari SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Garut.

“Untuk hadiah kegiatan ini di gelar dalam rangka memperebutkan Piala Gubernur Jabar dengan total hadiah Rp. 75 Juta. Sedangkan untuk uang pembinaan bagi para pemenang Juara 1, 2, 3 dan Juara Harapan akan mendapatkan piala, piagam penghargaan dan tentunya uang pembinaan yang cukup fantastis bagi para pemenang diantara turnamen yang pernah di gelar di Kabupaten Garut,” ujarnya.

H. Dadang mengatakan, sistim yang digunakan pada turnamen futsal ini menggunakan sistim setengah kompetisi atau gugur ganda.

“Di mohon kepada peserta untuk menjungjung tinggi sportifitas dan kebersamaan. Silahkan bermain yang cantik supaya bisa keluar sebagai pemenang atau juaranya,” ujarnya.

H. Dadang mengungkapkan, awalnya pembukaan akan menghadirkan pemain Persib Bandung, Febby Haryadi dan Manajer Persib Bandung, H. Umuh Mukhtar, namun karena kesibukannya, mereka meminta permohonan maaf karena belum bisa datang ke sini.

“Saya juga disibukan dengan persiapan pameran Epitech tingkat SLTA se-Jawa Barat yang akan di ikuti 27 kabupaten/kota dari seluruh KCD wilayah I-XIII se-Jawa Barat,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)***