SMKN 1 Garut Kembali Raih Prestasi tingkat Nasional

0
126

kandaga.id – Ditengah pandemi Covid-19, tiga peserta didik SMKN 1 Garut kembali menambahkan pundi-pundi prestasi, yang kali ini dari ajang Albina Festival tingkat Nasional, yaitu Abdul Aziz Ramdani (Kelas XI AKL 3) meraih Juara 1 lomba Poster, Ardi Chaerudin (Kelas XI FKK 3) meraih Juara 3 Lomba Cerpen, dan Rifky Khoerul Muzaky (Kelas XI OTP 2) meraih Juara 3 lomba dakwah.

Waka Bidang Kesiswaan, Nurdin, ST., M.Pd., mengucapkan syukur Alhamdulillah, SMKN 1 Garut kembali meraih prestasi dengan memborong tiga kategori lomba yang diselenggarakan secara daring atau virtual, yang mana setiap karya atau setiap produk dikirim melalui email, kemudian di upload melalui Instagram atau YouTube.

“Alhamdulillah, berkat dukungan penuh dari bapak kepala sekolah, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., sebagai bentuk wujud implementasi visi Jawa Barat yaitu Jabar Juara Lahir Batin, SMKN 1 Garut selalu mengikuti berbagai macam lomba. Dan beliau berharap melalui torehan prestasi peserta didiknya SMKN 1 Garut dapat lebih di kenal masyarakat,” ujar Nurdin.

Di tahun ajaran 2020/2021 ini, kata Nurdin, sudah mengikuti 38 lomba, baik secara langsung maupun virtual, dan Alhamdulillah dari semua lomba yang diikuti SMKN 1 Garut semua dapat menorehkan prestasi, dan itu semua sebagai bentuk pengembangan diri maupun kegiatan ekstrakurikuler peserta didik,” ucap Nurdin, Jum’at (26/3/2021).

Kata Nurdin, implementasi kompetensi peserta didik ini, untuk mengukur sejauh mana kemampuan peserta didik yang sudah dilatih yang sudah dibina, baik itu akademik maupun non-akademik, baik itu bidang pembelajaran maupun bidang ektra kurikuler.

“Dengan mengikuti berbagai ajang lomba atau festival yang diselenggarakan berbagai lembaga, seperti perguruan tinggi dan lembaga eksternal lainnya, baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Kami dapat mengukur kemampuan peserta didik, dan tentu kami melakukan evaluasi juga terhadal para guru pembimbingnya supaya lebih ditingkatkan,” terang Nurdin.

Selain itu, SMKN 1 Garut selalu memberikan reward bagi peserta didik yang prestasi termasuk pendamping atau pembimbingnya dengan disesuaikan pada raihan dan tingkatannya.

“Kami berharap, semua peserta didik SMKN 1 Garut meraih prestasi, karena bagi yang mendapatkan prestasi jika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, itu dapat dipergunakan melalui jalur prestasi,” pungkas Nurdin, semakin banyak prestasi, semakin banyak pula peluang masuk ke perguruan tinggi. (Jajang Sukmana)***