SMKN 1 Garut Melakukan Pembentukan Calon Pemimpin Berkarakter

0
62

TARKID, (kandaga.id).- Dibuka oleh Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., sejumlah 172 siswa mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) selama dua hari Jumat-Sabtu, 18-19 November 2022 di lingkungan SMKN 1 Garut, Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul.

Dengan tema “Melalui LDKS Mencetak Pemimpin yang Berkarakter Mandiri dan Berkepribadian Tangguh”, Dalam LDKS ini, peserta terdiri dari KM kelas 10 dan 11, calon ketua, sekretaris, dan bendahara ekstrakurikuler, dan calon pengurus inti harian OSIS.

Waka Bidang Kesiswaan, Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd., mengatakan, LDKS merupakan kegiatan pembinaan kepada calon ketua ekstrakurikuler dengan tujuan ketika mereka terpilih dan di daulat sebagai ketua, mereka siap tempur.

“Setelah menjadi ketua ekstrakurikuler, diharapkan pula dapat menjadi pemimpin di masa depan setelah mereka terjun di dunia kerja dan di lingkungan masyarakat,” ucap Nurdin, melalui WhatsApp, Minggu (20/11/2022).

Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd.

Menurutnya, di dalam LDKS dilatih kepemimpinan, pengelolaan organisasi, dinamika kelompok, problem solving, dll yang dapat membekali mereka menjadi seorang pemimpin.

Sementara Staf Waka Bidang Kesiswaan, Iwan Ridwan, S.Sy., MM., menuturkan, maksud dan tujuan dari LDKS ini adalah untuk membekali dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memimpin, serta memperkuat pembangunan karakter siswa SMKN 1 Garut.

“LDKS merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bertolak ukur pada peningkatan sumber daya siswa dan siswi yang akan menjadi seorang pemimpin untuk mendalami dan memahami konsep dasar untuk menjadi seorang pemimpin yang baik,” ungkap Iwan, melalui WhatsApp.

Melalui LKDS ini, harap Iwan, mampu mencetak pemimpin yang berkarakter mandiri dan berkepribadian tangguh yang siap menyongsong indonesia emas di tahun 2045.

Iwan Ridwan, S.Sy., MM.

“Mudah-mudahan muncul calon-calon pemimpin yang memiliki kepribadian yang positif, tangguh, cerdas, mudah bergaul dan bisa bersaing dalam segala bidang, sehingga bisa menjadi generasi yang membanggakan, menjaga nama baik keluarga, sekolah, bangsa dan negaranya,” harapannya.

Adapun Ketua Pelaksana dalam LDKS ini yaitu Ahmad Saepul Rohman (PASKIBRA); Koordinator 1 : Yesha Novita Rusmana (Ketua OSIS SMKN 1 Garut Tahun 2022); Koordinator : Yofi Ilham Fauzi (Wakil Ketua OSIS SMKN 1 Garut Tahun 2022); dan Narasumber : Anggun Nur Rahmah Nirmalasari Firdaus (Sekretaris OSIS SMKN 1 Garut Tahun 2022).

Sedangkan acara kegiatan diantaranya pemberian materi kepemimpinan dan pengembangan karakter, ada acara uji mental yang diadakan tengah malam (peserta LDKS dibangunkan pukul 12.00, dan diwajibkan langsung mengganti pakaian dari baju tidur/kaos olahraga dengan pakaian hitam putih lengkap dengan dasi dan sepatu PDH).

Selain itu, peserta diberi tantangan-tantangan yang menguji fisik, mental dan intelektual. Dan acara malam diakhiri dengan penghormatan masing-masing peserta terhadap bendera merah putih sebagai tanda rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan renungan malam, yang membuat seluruh peserta LDKS dan panitia berurai air mata. ***Jajang Sukmana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here