SMKN 1 Garut Melepas Enam Komli Melaksanakan PKL

0
93

kandaga.id – Dalam upaya mengembangkan kepribadian, potensi akademik dan dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui pembelajaran program normatif, adaptif, dan produktif. SMKN 1 Garut membekali peserta didiknya dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan di berbagai Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, upacara pelepasan yang ditandai dengan melepaskan burung merpati, Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., melepas sejumlah 411 peserta didik, 39 guru pembimbing, 85 IDUKA dari enam kompetisi keahlian di Lapangan upacara, SMKN 1 Garut di Jl. Cimanuk No. 309A, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Jumat (17/09/2021).

Foto : Drs. Agustian Syamsudin, MM

Pendidikan dan pelatihan di IDUKA bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta didik menguasai kompetensi keahlian produktif terstandar, menginternalisasikan sikap, nilai dan budaya industri yang berorientasi pada standar mutu dan jiwa kewirausahaan serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.

Kegiatan Pelatihan/Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau On the Job Training ini dilaksanakan dengan lama waktu berbeda, yaitu selama 3 bulan dan 6 bulan lamanya, dimulai dari tanggal 20 September 2021 hingga bulan Maret 2022.

Foto : Drs. Agustian Syamsudin, MM

Sehubungan untuk situasi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, maka dalam pelaksanaannya dilakukan dengan dua teknik yakni secara online dan offline.

Empat kompetisi keahlian dengan lama waktu PKL selama selama 3 bulan yaitu: Kompetensi keahlian Teknik Energi Terbarukan (TET) sebanyak 33 peserta didik, 4 pembimbing dan 1 IDUKA. Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) sebanyak 102 peserta didik, 5 pembimbing dan 28 IDUKA. Kompetensi keahlian Multimedia (MTM) sebanyak 104 peserta didik, 9 pembimbing dan 25 IDUKA. Dan Kompetensi keahlian Farmasi, Klinis dan Komunitas (FKK) sebanyak 105 peserta didik, 11 pembimbing dan 11 IDUKA.

Foto : Drs. Agustian Syamsudin, MM

Sedangkan dua kompetisi keahlian dengan lama waktu PKL selama 6 bulan atau kelas XIII yaitu : Kompetensi keahlian Manajemen Logistik (MLG) sebanyak 32 peserta didik, 5 pembimbing dan 7 IDUKA. Dan Kompetensi keahlian Sistem Informatika Jaringan dan Aplikasi (SIJA) sebanyak 35 peserta didik, 5 pembimbing dan 13 IDUKA. ***Jajang Sukmana