SMKN 1 Garut Membuktikan Kesuksesan Program SMK Membangun Desa

0
192

TARKID, (kandaga.id).- Setelah meraih sukses beberapa Program SMK Membangun Desa yang disodorkan SMKN 1 Garut, Kelurahan Jayawas Kecamatan Tarogong Kidul, kembali memberdayakan masyarakatnya dengan membuka peluang usaha baru yaitu pembuatan kue dan roti, Rabu (13/7/2022).

Bertempat di aula terbuka “Sasana Wibawa Mukti” SMKN 1 Garut, kader Kelurahan Jayawaras dengan cermat memperhatikan tahapan demi tahapan proses pembuatan kue dan roti yang sampaikan instruktur dari SMKN 1 Garut.

Lurah Jayawaras, Agus Kusnadi, SE., didampingi Camat Tarogong Kidul, Drs. Doni Rukmana, menginginkan warganya terus bergerak, terus berinovasi untuk menambah dan meningkatkan perekonomian.

“Selagi ada kesempatan, kami akan terus membekali warga dengan keterampilan dan pengetahuan, agar dikemudian hari warga Kelurahan Jayawaras memiliki skill untuk dapat berwiraswasta atau berwirausaha, minimal bagi keluarga dan warganya,” ujar Lurah Agus.

Tapi, lanjut Lurah Agus, tidak menutup kemungkinan mereka mengembangkan usahanya, dan itupun tergantung pada mereka.

“Kami, bersama Pak Camat hanya membuka serta memberi ruang untuk kader tidak diam,” ucapnya.

Sementara Camat Doni menambahkan, sebenarnya di Kecamatan Tarogong Kidul ada 12 desa dan kelurahan, namun hanya satu kelurahan yang konsisten dan berhasil yaitu Kelurahan Jayawaras.

“Meski hanya satu kelurahan, tapi bisa membawa perubahan, khususnya bagi warga Kelurahan Jayawaras, dan Kabupaten Garut. Atas prestasi tersebut, Pak Lurah Jayawaras mendapat undangan dari kementerian untuk mempresentasikan Program SMK Membangun Desa ini,” ucapnya.

Camat Doni menambahkan, akibat Covid selama tahun, daya beli masyarakat mengalami penurunan, untuk itu, dirinya terus berpikir mencari peluang-peluang untuk membangkitkan perekonomian masyarakatnya.

“Saat ini kami sedang memikirkan bagaimana caranya, agar dapat mengurangi pembuangan sampah atau sisa makanan untuk dijadikan nilai ekonomis. Alhamdulillah kami sedang membudidayakan magot, untuk pengolahan sampah menjadi pakan ikan, bahkan mesin sudah tersedia,” terangnya.

Tak hanya itu, masih banyak program lainnya yang tengah dipersiapkan untuk pengembangan di masyarakat, salah satunya, Camat Doni berkeinginan membangun kantor kecamatan dengan model alun-alun yang lengkap dengan Polsek, Mesjid Agung, dan sudut-sudut bagi UMK masyakarat.

Diketahui, Kelurahan Jayawas telah bekerjasama dengan SMKN 1 Garut melalui Program SMK Membangun Desa yang telah sukses diantaranya program pembuatan Sabun Cuci Piring (sacupir), konten desain, pemasangan internet dan pembangunan desa digital.

Terpisah, Kepala SMKN 1 Garut, H. Bejo Siswoyo, STP., M.Pd., merasa bersyukur, tujuan pemerintah menggulirkan program SMK Membangun Desa untuk menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara SMK dengan Pemerintah Desa telah terjalin.

“Mudah-mudahan, jadi solusi menyelesaikan permasalahan bangsa dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia pedesaan/kelurahan. Sehingga keberadaan SMK dapat dirasakan masyarakat dalam percepatan pembangunan SDM melalui penerapan teknologi tepat guna,” harapnya. ***Jajang Sukmana .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here