SMPN 1 Garut Berbeda, Karena Kebutuhan dan Capaian Sekolah Beda

0
142
Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd.

Kandaga.id – Pemerintah Kabupaten Garut telah menetapkan tanggal 19 Juli 2021 sebagai awal dimulainya tahun ajaran 2021/2022, dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di setiap jenjang PAUD/TK, SD dan SMP.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kebutuhan sekolah masing-masing, tidak semua sekolah melaksanakan MPLS pada tanggal tersebut. Salah satunya SMPN 1 Garut yang akan melakukan MPLS pada hari Sabtu, 24 Juli 2021.

Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, pihaknya memilih waktu yang berbeda, bukan berarti menentang atau tidak patuh terhadap pimpinan, bukan. Tapi atas dasar berbagai pertimbangan serta kajian, dan setelah dievaluasi bahwa yang paling esensial bukan MPLS tapi kelanjutan pembelajaran peserta didik.

“Kami sudah meminta ijin kepada Kepala Dinas Pendidikan, bahwa kami akan melaksanakan MPLS pada tanggal 24 Juli 2021 yang dibagi dalam dua sesi dan Pak Kadis pun merestuinya, bahkan direncanakan MPLS akan dibuka oleh Pak Kadis secara virtual. Selain itu, kami juga akan mengundang Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati Garut dalam pembukaan MPLS tersebut,” terang Aceng, Senin (19/07/2021).

Menurut Aceng, perbedaan waktu dalam melaksanakan MPLS bukan suatu persoalan, tapi yang lebih utama yaitu harus tepat sasaran dalam capaian pembelajaran pada mulai tahun ajaran 2021/2022 ini.

“Untuk itu, kami perlu melakukan revitalisasi dan kebijakan berbagai hal, salah satunya dalam menjaga kualitas dan kuantitas SMPN 1 Garut. Dan jauh-jauh hari kami pun sudah menyusun berbagai program pendidikan, diantaranya untuk pembelajaran peserta didik kelas 8 dan 9, yang selama pandemi pembelajaran di SMPN 1 Garut tetap berjalan, tidak pernah berhenti,” ujar Aceng.

Meskipun tidak terhenti, lanjut Aceng, tetap perlu dievaluasi berdasarkan kebutuhan dan perkembangannya, dan sekarang sedang disusun berbagai program serta kebijakan dalam mengantisipasi keberlangsungan pendidikan khususnya di SMPN 1 Garut,” pungkasnya.

Berbeda dengan itu, SMPN 1 Tarogong Kaler secara virtual mengikuti pembukaan MPLS tingkat kabupaten, dan mengawalinya dengan memperkenalkan guru serta wali kelas kepada orang tua juga peserta didik kelas 7.

Kepala SMPN 1 Tarogong Kaler, H. Ahmad Hanafiah, M.Pd.

“Untuk subtansinya kami akan melaksanakan MPLS secara virtual pada hari Kamis, 22 Juli 2021. Dan kami harus menyusun terlebih dahulu berbagai bahan yang akan disampaikan, seperti pembuatan video lingkungan sekolah, cara belajar dan lainnya,” terang Kepala SMPN 1 Tarogong Kaler, H. Ahmad Hanafiah, M.Pd., saat ditemui diruang kerjanya.

Selain itu, lanjut H. Ahmad, pihaknya juga akan menyusun program untuk pembelajaran baik secara daring maupun luring. Dan itu semua kata H. Ahmad, perlu dikomunikasikan dan dikoordinasikan dengan para guru mata pelajaran masing-masing.

“Baru saja kami selesai rapat dengan semua pendidik dan tenaga kependidikan tentang mekanisme dan substansi dalam implementasi pembelajaran tahun ajaran 2021/2022 ini,” pungkas H. Ahmad. ***Jajang Sukmana