SMPN 1 Garut Jaga Kualitas dan Kuantitas Melalui IHT Pendidikan PSP

0
147

Kandaga.id – Dengan menjaga protokol kesehatan, SMPN 1 Garut menyelenggarakan In House Training (IHT) dengan tema “Implementasi Pembelajaran di Tingkat Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak” mulai tanggal 5-13 Juli 2021.

Secara virtual pelatihan implementasi pembelajaran ini dibuka Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd., diikuti seluruh tenaga pendidik melalui join zoom, Senin (5/7/2021).

SMPN 1 Garut sebagai sekolah terbaik di jenjangnya mengambil langkah mandiri dan fokus pada kualitas dan kuantitas internal, karena di SMPN 1 Garut sudah memiliki ketersediaan pengawas dan guru penggerak tingkat Nasional, bahkan ketika pembukaan IHT ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, S.Pd., M.Si., mengapresiasi langkah yang diambil SMPN 1 Garut.

“Alhamdulillah di sekolah kami sudah lengkap, ada beberapa guru penggerak tingkat Nasional dan kebetulan pengawas bina juga pengawas penggerak tingkat Nasional,” terang Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd., ditemui ditengah kesibukannya.

Dia berharap, semua pendidik di SMPN 1 Garut mampu mengimplementasikan dari IHT ini dan bisa menciptakan inovasi untuk mencetak generasi bangsa yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, mandiri, serta mampu berkompetisi, berprestasi demi kemajuan bangsa dan negara.

Adapun fasilitator yang terlibat dalam IHT internal ini yaitu Pengawas Pembina sekaligus Instruktur PSP tingkat Nasional, H. Ela Halimin, Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd., dan para guru penggerak tingkat Nasional yaitu, Sana Suryana, ST., Ita Habibi, S.Pd.I., Duden Ramdan, S.Ag., M.M., Karnata Adiwiria, S.Pd., dan Siti Aminah Husein, M.Pd.

Yang dijadikan pembahasan dari awal hinga akhir dalam IHT ini yaitu:

  1. Kebijakan Program Sekolah Pengerak.
  2. Orientasi Pelatihan (Tujuan IHT, pengenalan google classroom, Kesepakatan Kelas).
  3. Profil Pelajar Pancasila dan Penugasan Mandiri Materi Profil Pelajar Pancasila.
  4. Penugasan Mandiri Materi Pendidikan yang Memerdekakan, Pendidikan Yang Memerdekakan, dan Diskusi Kelompok Pendidikan yang Memerdekakan.
  5. Struktur Kurikulum, Diskusi Kelompok Struktur Kurikulum, dan Tugas Kelompok Struktur Kurikulum.
  6. Capaian Pembelajaran, Diskusi Kelompok Capaian Pembelajaran, Presentase Tugas Kelompok capaian Pembelajaran, dan Tugas Mandiri Capaian Pembelajaran.
  7. Tugas Mandiri Penyusunan Perangkat Ajar, Perangkat Ajar, Diskusi Kelompok Perangkat Ajar, Presentase Tugas Kelompok Perangkat Ajar, Tugas Mandiri Penyusunan Perangkat Ajar, dan Tugas Mandiri Penyusunan Modul.
  8. Modul, Diskusi Kelompok Modul, Presentase Tugas Kelompok Modul, Tugas Kelompok Modul, dan Tugas Mandiri Penyusunan Modul.
  9. Assesmen, Tugas Mandiri Penyusunan Assesmen, Diskusi Kelompok  Assesmen, dan Presentase Tugas Kelompok Assesmen.
  10. Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Tugas Mandiri Penyusunan Operasional Satuan Pendidikan, Tugas Mandiri Pembaca Materi Literasi Digital, Diskusi Kelompok Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, dan Presentase Tugas Kelompok Penyusunan Operasional Satua Pendidikan.
  11. Literasi Digital, Diskusi Kelompok Literasi Digital, dan Presentase Tugas Kelompok Literasi digital.

Kegiatan ditutup dengan test akhir oleh fasilitator Karnata Adiwiria, S.Pd., dan penutupan IHT oleh Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd. ***Jajang Sukmana