KANDAGA.ID – Prestasi ini, dipastikan torehan kali pertama sepanjang sejarah, pasalnya baru di kepemimpinan R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., SMPN 1 dapat meraih empat Juara 1 dari enam mata lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kabupaten Garut 2024.

Juara 1 Ansambel Campuran, Juara 1 Kreasi Tari, Juara 1 Ilustrasi, Juara 1 Solo Vokal, dan Juara 3 Pantomim.

Dan yang menariknya lagi, dari keenam mata lomba, Rayon 1 di urutan posisi paling pertama.

“Alhamdulillah, dari latihan cukup panjang dan masif, kami menjadi juara umum,” ungkap R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., selaku Kepala SMPN 1 Garut disela-sela kesibukan pada Rabu (26/6/2024).

FLS2N jenjang SMP tingkat Kabupaten Garut ini dilaksanakan dua hari, tanggal 25-26 Juni 2024 di Gedung Islamic Centre, Jl. Pramuka No. 22, dan SMPN 1 Garut, Jl. A. Yani No. 43, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, dengan enam mata lomba yaitu Tari Kreasi, Musik Tradisional, Pantomim, Musik Ansambel, Solo Vocal, dan Ilustrasi Koreograpi.

Sementara Kepala Seksi Kelembagaan Bidang SMP selaku Ketua Pelaksana, Dr. Ajang Rusmana, M.Pd., mengucapkan Alhamdulillah Kabupaten Garut, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Garut telah selesai melaksanakan seleksi FLS2N ini, dengan menghasilkan peserta didik untuk mewakili ke tingkat provinsi, mudah-mudahan bisa mewakili juga ke tingkat nasional.

Menurutnya, FLS2N ini merupakan kegiatan dalam rangka mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang seni.

Pihaknya merasa yakin para peserta didik khususnya jenjang SMP yang ikut lomba saat ini punya talenta yang cukup tinggi, memiliki bakat-bakat yang perlu dipupuk dan dikembangkan oleh satuan pendidikan termasuk orang tuanya.

Sehingga, lanjut Dr. Ajang, Kabupaten Garut bisa menjadi salah satu kabupaten/kota di Jawa Barat yang memiliki potensi-potensi seni di peserta didik.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar khususnya bagi peserta didik, umumnya bagi masyarakat luas,”‘ tandasnya. ***Jajang Sukmana