Tunaikan Tugas Dengan Iklhas, Surga Menanti Bagi Guru Pemberi Ilmu

0
172

KANDAGA.ID – Banyak orang berpikir ketika dimintai akan mengalami kesulitan, padahal harusnya bangga, sebab Allah sudah menyiapkan rezeki kita melewati orang tersebut. Dan kalaupun tidak bisa, sampaikanlah dengan kata-kata yang terbaik supaya tidak menyinggung perasaannya.

Demikian sebagian tausyiah yang disampaikan Ustadz Drs. H. Yayat Ruhiyat pada halal bihalal keluarga besar SMPN 1 Garut dengan dihadiri pendidikan dan tenaga kependidikan, komite, serta para sesepuh di Aula terbuka SMPN 1 Garut, Jl. Jend. A. Yani No. 43, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Selasa (10/5/2022).

Nabi mengungkapkan, orang yang pernah memberikan bantuan ketika masih di dunia, baik seteguk air, sesuap nasi, selembar pakaian, dan setetes ilmu, nanti akan mendapatkan kekuasaan untuk menarik orang tersebut masuk ke surga.

“Melalui tetesan-tetesan ilmu yang kita kasih dengan ikhlas, maka anak-anak didik kita kelak akan menarik ke surga,” ungkap Ustadz Yayat.

Sekarang bisa jadi begini, karena dari hasil tanaman guru-guru terdahulu. Maka tegas Ustadz Yayat, jangan melupakan jasa-jasa mereka.

Salah satu ilmu yang bermanfaat adalah ketika selalu menghargai dan menghormati guru-guru yang pernah memberikan setetes ilmu buat kita.

“Keberkahan ilmu itu ketika menghargai guru-guru yang dulu pernah memberikan ilmu. Tapi, sebanding lurus dengan apa yang pernah kita lakukan terhadap guru-guru kita, walau saat ini kita menjadi guru juga,” ujarnya.

Ilmu tidak pernah berpandang manfaat, ketika gurunya tersinggung oleh murid-muridnya.

Untuk itu, Ustadz Yayat berpesan kepada semua guru untuk niatkan tugasnya karena Allah, dengan memberikan setetes ilmu bagi anak-anak didik, agar kelak mereka menuntun untuk menuju surga.

“Jaga ucapan, karena ucapan itu doa, marilah menanam kebaikan sekali pun tidak pernah memetik hasil tanaman kebaikan kita hari ini,” pungkasnya.

Diketahui, halal bihalal di SMPN 1 Garut sudah jadi agenda rutin setiap tahunnya setelah idul fitri yang pada tahun ini mengusung tema “Menjalin Ukhuwah Islamiah, Kokohkan Tali Persaudaraan”, dengan menyampaikan “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum”. Dan pada 1443 hijriah ini, SMPN 1 Garut sengaja mengundang Ustadz Drs. H. Yayat Ruhiyat baik keramasan maupun halal bihalal.

Kepala SMPN 1 Garut, Aceng Mulyana, S.Pd., M.Pd., mengaku bangga dan rasa bersyukur pada halal bihalal 1443 hijriah ini hadir para sesepuh SMPN 1 Garut untuk bersilaturahmi yang sudah belasan tahun tak bertemu.

Aceng berharap, guru-guru yang masih aktif bisa meniru seperti mereka dan dapat mengabdikan diri dengan tugas dan ilmu yang manfaat untuk anak-anak didiknya. Dan Aceng pun memohon doa kepada semua yang hadir untuk mendoakan para pendahulu yang telah meninggalkan kita, semoga ditempatkan di sisi-Nya. ***Jajang Sukmana