Untuk Menyadarkan Masyarakat, Pemkab Garut Akan Razia Masker Door to Door

0
149

Bupati Garut, Rudy Gunawan

Untuk lebih menaikan kesadaran masyarakat penyadaran dalam penggunaan masker  untuk memutus rantai sebaran virus covid 19, Pemerintah Kabupaten Garut berencana lakukan razia penggunaan masker hingga ke tingkat RW. Menurut Bupati Garut, Rudy Gunawan,  hal tersebut akan dilakukan, karena kesadaran masyarakat laksanakan protokol kesehatan terkait pandemi covid 19 masih sangat rendah.

Bupati Rudy, menyatakan, sikap apatis masyarakat terhadap anjuran mengenakan masker selama pandemi corona di daerahnya, kemungkinan karena menganggap kasus positif corona cuma sedikit dibanding jumlah penduduk dan luas wilayah di Garut. Karenanya, kata Bupati, pihaknya akan meningkatkan sosialiasasi maupun razia penegakan perbup tentang protokol kesehatan hingga tingkat masyarakat paling bawah.

” Begini, warga Garut ini masih mengentengkan (kasus Corona), wah cenah ngan 70 orang lebih, jadi kesadaran dan disiplinnya masih rendah. Kita akan mengingatkan masyarakat, bahwa razia itu ada,” ujarnya.

Kepada wartawan, Bupati Rudy, menyebutkan, untuk mempercepat penghentian sebaran virus covid 19 di daerahnya, selain razia di perkotaan juga akan mengerahkan aparat tingkat kecamatan untuk lakukan razia  ssecara door to door ke 421 desa, 4.600 RW di Kabupaten Garut.

Bupati juga mengatakan, telah sediakan dua juta masker untuk warga,1,5 juta diantaranya akan dibagikan kepada siswa SD dan SMP saat mulai sekolah tatap muka yang diperkirakan akan dimulai bulan September mendatang

” Dalam dua, atau tiga hari ini kita akan menyediakan dua juta masker, tapi yang 1,5 juta itu untuk pada saat SD, SMP, Ibtida irwan, tsanawiyah masuk,” tuturnya.

Bupati Rudy Gunawan menambahkan, berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, vaksin dari WHO baru akan ada awal tahun 2021 mendatang, Pada saatnya nanti, semua warga akan diberikan suntikan vaksin covid 19, hingga pandemi berakhir. (Jay).