Yudha Minta Nakes Prioritas Vaksin

0
64

Anggota DPRD Garut, yang juga Ketua DPC PDIP Garut, Ydha Puja Turnawan.

Kandaga.id- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Garut Fraksi PDI-P Yudha Puja Turnawan meminta Pemerintah pusat mempercepat distribusi serta memperbanyak alokasi vaksin ke tiap daerah.

” Kalau vaksin itu sudah ada di Garut, sebaiknya tenaga kesehatan (Nakes) didahulukan, karena mereka paling beresiko,” ujarnya, kepada wartawan, Senin (18/01/2021).

Permintaan Yudha itu, menginga  semakin seringnya terjadi outbreak  kasus Covid19, termasuk di Kabupaten Garut. Sehingga untuk mencegah rantai penyebaran, pemberian vaksin secara masif dan cepat sangatlah dibutuhkan.

“Saya lebih berharap ke pemerintah pusat untuk mempercepat distribusi vaksin diperbanyak karena APBN kita tahun ini sebesar Rp 145 triliun untuk penanganan Covid19, jadi harapan saya distribusi itu dipercepat dan alokasi per daerah diperbanyak,” kata Yudha saat dihubungi wartawan.

Menurutnya, per bulan januari 2021, Pemerintah Provinsi Jawa Barat hanya menerima 97.080 vaksin. Jumlah tersebut masih kurang mencukupi.

Yudha menilai, jika dibagi ke 27 Kabupaten/Kota, maka kalau dibagi per daerah hanya mendapat sekitar 3600. Sedangkan jika dihitung tenaga kesehatan di Garut saja jumlahnya sudah mencapai 6500.

“Apalagi harapan saya nanti anak sekolah, baik siswa SMA-SMK kalau memungkinkan ke SMP termasuk para guru diprioritaskan juga sehingga proses belajar mengajar secara tatap muka mungkin dilakukan, harapan saya itu,” pungkas Ketua DPC PDIP Garut itu. (Jay).